Wisataku Dekat dan Murah, Ini Beberapa Foto Alun-alun Kota Malang

Berkali-kali sudah aku tegaskan di blog Dolanku.com ini bahwa wisata tidak mesti jauh, mahal, mewah, dan penuh gaya. Apalagi di kala ada musibah global berupa penyakit menular sekarang ini. Jalan-jalan jauh masih penuh risiko.


Dari sejumlah ulasan tempat wisata yang kulakukan, sejauh ini semua masih berada di sekitar wilayah Malang Raya. Belum berani berwisata terlalu jauh. Pasti sangat merepotkan. Apalagi dibutuhkan menginap karena lebih dari satu hari.


Kembali ke topik, alun-alun kota Malang merupakan salah satu tempat wisata gratis yang tak kalah menghibur dan membahagiakan. Penataan taman, wahana permainan, hingga fasilitas publik pendukung lain sangat lengkap.



Berbeda dengan kota lain. Di Kota Malang alun-alunnya berkonsep seperti taman kota. Ada banyak pohon besar, skatepark mini (lapangan skateboard), wahana permainan anak, toilet, alat kebugaran, air mancur, dan lainnya.


Terkait permasalahan parkir kendaraan tak perlu dicemaskan. Ada lahan yang cukup luas untuk parkir mobil maupun sepeda motor. Parkir sepeda motor ada di sisi selatan (Kantor Pos). Adapun parkir roda empat ada di sisi barat (Masjid Agung).


Tidak cuma itu, di sana juga ada banyak rumah burung dara (pagupon). Diletakkan di atas tiang-tiang yang cukup menjulang tinggi. Tentu jumlah merpati sangat dan penuh warna. Berterbangan dan berkeliaran tak jauh dari alon-alon. 


Titik kumpul hewan tersebut biasanya di air mancur. Di bawah ini video yang mengulas sedikit tentang pagupon merpati.



Tak perlu khawatir bagi yang suka berduduk-duduk di atas bawah. Serta bagi yang suka duduk di atas bangku memanjang. Semua kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan nyaman. Sebab, banyak bangku dan rerumputan luas di sana.


Sayangnya, dalam kondisi wabah level dunia membuat alun-alun kota Malang masih ditutup untuk umum. Di sana terdapat beberapa personel Satpol PP yang berjaga-jaga. Memperingatkan masyarakat yang masuk di dalamnya.




Wahana bermain anak-anak Alun-alun Kota Malang

Ruang Menyusui bayi

Peringatan dilarang merokok di area bermain anak-anak

Peralatan fitnes/kebugaran di Alun-alun Kota Malang

Sebagian dari banyaknya rumah burung dara (pagupon)

Jalan utama akses keluar masuk cukup besar

Kolam air mancur

Burung merpati berkeliaran di Alun-alun Malang

Sisi bata Alun-alun Kota Malang



Titik kumpul evakuasi di Alun-alun Kota Malang











Jalur evakuasi




Foto asli sesuai keadaan, bukan gambar editan.

Bukan hasil editan

Toilet


Delman dan mobil hias di Alun-alun Kota Malang



Area parkir mobil di sebelah barat (Masjid Agung)

Area parkir mobil


Disclaimer: Foto dan video di atas aku ambil sendiri pada tanggal 8 Maret 2021. Menggunakan kamera ponsel milikku sendiri

Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI