Wisata Jalan Tol, Keluar Kota Cuma Ingin Menapaki Aspal Jalan Bebas Hambatan

Jalan tol dapat dijadikan tujuan wisata. Apalagi disertai mampir ke rest area tol yang besar nan indah. Menikmati kuliner di sana sambil istirahat, salat, dan memandangi panorama memposana di sana. Dijamin bisa jadi obat hati.


Bila tidak ada waktu dan dana cukup maka tak perlu masuk ke area kota lain. Keluar gerbang tol cuma untuk putar balik lalu masuk lagi. Jangan memaksakan. Sebab wisata tol sendiri bagi sebagian orang memang tak murah. Apalagi jarak jauh.

"Tiket" masuk tol dari Singosari, Kota Malang menuju Surabaya berkisar 50-an ribu. Ketika dilanjutkan ke Madiun harus menambah lagi biaya sekitar 160-an ribu. Angka tersebut terbilang murah bagi yang punya duit dan butuh.


Sedang bagi masyarakat desa yang belum pernah naik tol sama sekali seumur hidup, memandangi jalur tol dalam jarak amat panjang dapat menimbulkan kesan tersendiri. Ditambah lagi diajak mampir ke rest area yang megah dan besar.

Jalan tol di Bali, Indonesia (sumber gambar)


Wisata itu memang relatif. Bagi sebagian kalangan suatu aktivitas, pemandangan, hingga kuliner merupakan hal biasa bahkan membosankan. Namun, untuk yang lain itu suatu hal yang bikin terkagum dan membahagiakan.


Berwisatalah untuk membahagiakan diri sendiri. Bukan hanya mengikuti orang lain lantaran ingin diakui. Orang lain sudah wisata ke sana membuat kamu terpancing untuk tak mau kalah. Padahal tempat wisata itu belum tentu membahagiakan.


Komentar