5 Manfaat Berwisata di Kampung Halaman

Berkunjung ke kampung halaman merupakan salah satu bagian dari kegiatan wisata. Sebagaimana yang telah aku ungkapkan berkali-kali di situs ini bahwa hakikat dari berwisata ialah pergi ke luar rumah untuk menghibur hati.

www.dolanku.com

Bagi kamu yang sudah lama tidak pulang kampung, ditambah lagi hati meronta ingin ke sana, lebih baik pulanglah. Walau cuma semalam. Itu sudah cukup dalam mengobati gejolak hati. Terlebih lagi sebelum berangkat ke luar negeri.

Ini 5 manfaat berwisata di kampung halaman.


1. Sarana Aktualiasi Diri

Para perantau yang sudah sukses, paling tidak hidup berkecukupan, saat pulang kampung seringkali unjuk diri. Entah membawa kendaraan baru-mewah atau dalam bentuk lain. Rasa lega dan puas terasa tatkala sudah ditunjukkan.


Baca: 5 Alasan Benar Orang Sering Pamer di Media Sosial


Tak selamanya pamer itu identik dengan tindakan buruk. Ada beberapa alasan benar orang melakukan pamer. Serta yang dipamerkan tidak cuma terkait harta melulu. Kamu dapat pamer ilmu baru, skill, hingga karya hasil berkreativitas.


2. Melepas Kerinduan

Bertemu maupun bertamu pada keluarga, kerabat, atau karib juga bakal jadi salah satu hal paling membahagiakan. Bernostalgia ke tempat-tempat di waktu kecil dan muda dahulu dijamin menimbulkan sensasi terpuaskan dahaga.

Ilustrasi kampung halaman (sumber gambar)


Sekejam-kejamnya kampung halaman sehingga bikin trauma, kalau sudah tahunan tidak ditinggali lagi tentu memunculkan kerinduan. Rasa penasaran sejauh mana perkembangan bangunan, fasilitis, dan layanan di daerah kelahirannya.


3. Menyambung Tali Silaturahim

Komunikasi lewat chat maupun video call sebenarnya tidaklah cukup untuk mempererat silaturahim. Mesti bertemu, bertatap muka-mata, dan berdialog secara langsung. Kedekatan fisik dapat memperkuat sinyal hubungan.

Barangkali teman di kota sebagian sangat menjengkelkan, penuh kepalsuan, dan tidak tulus. Dengan kembali merajut hubungan lama yang menggetarkan jiwa kamu merasa lebih percaya diri. Tak ada lagi rasa sendiri di tengah persaingan.


4. Membantu Masyarakat Kampung

Bantuan tidak harus berupa uang atau barang. Memberi wawasan, pengetahuan, hingga ilmu bermanfaat pada masyarakat kampung itu sudah sangat menolong peningkatan kualitas hidup mereka. Apalagi disertai bukti-bukti.


Menceritakan pengalaman hidup saat di kota, juga jadi bahan pelajaran bagi penduduk kampung. Untuk merasakan perihnya kehidupan terkadang tanpa harus dialami sendiri. Dari cerita orang lain sudah cukup bikin terbawa suasana.


5. Sarana Rekreasi

Sangat jarang sekali ketika orang pulang kampung hanya mampir rumah orang tua atau keluarga terdekat. Kerapkali pasti disertai keliling dulu. Tentunya kadang malah tergoda mampir ke titik tertentu karena telah mengalami perubahan.


Bahkan, meski tanpa belok ke mana-mana pun karena tak ada waktu, sudah jadi bentuk rekreasi sendiri. Semua pemandangan yang dilihat saat perjalanan terasa memanjakan mata. Itu demi memastikan orang tua sehat saja.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI