5 Kelebihan Berwisata di Danau

Danau ada banyak jenisnya. Ada danau alami seperti danau vulkanik, tektonik, tektono-vulkanik, karst, dan glasial. Ada pula danau buatan seperti waduk, situ, atau bendungan. Masing-masing punya kelebihan dan kelemahan untuk tujuan wisata.

www.dolanku.com

Di Indonesia sendiri jumlah danau tercatat di kurang dari 5.800 buah. Dengan rincian terdiri dari 1.314 merupakan danau buatan. Serta 1.022 danau alami. Adapun sisanya sekitar 3.463 belum terklasifikasi jenisnya karena beberapa faktor.

Hal yang patut dibanggakan pula ternyata Indonesia punya 3 danau terdalam di dunia dari 20 buah yang pernah tercatat. Yakni, Danau Matano/Matana di Sulsel (590 m), Danau Toba di Sumut (505 m), dan Danau Poso di Sulteng (450 m).


Berikut lima kelebihan berwisata di danau:


1. Konsumsi Ikan Air Tawar yang Alami

Jangan salah mengerti. Ikan air tawar yang dikonsumi barangkali hasil dari penangkaran atau peternakan. Tentu pakannya sudah menggunakan pelet atau pur. Belum lagi penggunaan obat-obatan pencegah penyakit.

Danau Poso, Indonesia (sumber gambar)


Membeli ikan langsung dari nelayan danau tentu potensi kontaminasi bahan kimia jauh lebih kecil. Selain itu pembeli juga dapat menawar harganya. Kalau beruntung dapat banyak pilihan macam ikan. Sesuai hasil tangkapan yang didapat.


2. Tanpa Sampah

Memang diakui sebagian danau sudah terkotori sampah. Namun, danau yang dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) hampir pasti bersih. Baik itu di dalam maupun permukaan air serta di pinggiran danau sekalipun.


Danau PLTA biasanya dijaga ketat oleh petugas. Tindakan sembrono pengunjung yang ketahuan oleh penjaga bakal dapat teguran keras. Sebab danau tipe tersebut sebenarnya merupakan salah satu tempat rawan dan berbahaya.


3. Tempat Asyik Memancing

Memancing di danau dipandang sebagian orang memiliki banyak keunggulan ketimbang di sungai dan lautan. Air danau lebih cenderung tenang. Ikan yang dipancing pun jumlahnya stabil karena seringkali ada aksi tebar bibit ikan di sana.


Pemancing yang punya misi mendapat ikan banyak tanpa perlu jauh-jauh ke laut dan repot-repot menelusuri sungai yang ada ikannya, danau menjadi tujuan tepat. Tinggal tancapkan payung besar lalu mancing sambil berteduh di bawahnya.


4. Naik Perahu

Sensasi naik perahu di danau memang tak semenegangkan di lautan. Apalagi di arum jeram. Akan tetapi itu sangat cocok bagi orang yang ingin naik perahu kecil untuk pertama kali. Sebelum naik perahu di lautan yang berombak besar.


5. Suasana Sejuk dan Asri

Lokasi danau terletak berdekatan dengan pegunungan yang hijau. Hal tersebut wajar lantaran pepohonan tersebut menjadi sumber mata air untuk mengisi air danau. Jadi, selain dapat menikmati hempasan luas air kamu dapat bonus kesejukan.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI