5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam

Wisata religi atau wisata rohani adalah kegiatan pergi dari luar rumah menuju tempat-tempat maupun kegiatan-kegiatan tertentu yang disucikan atau dihormati oleh agama dalam maksud menghibur hati dan mendekatkan diri pada Tuhan.

www.dolanku.com

Wisata rohani tidak cuma fokus mengunjungi situs atau bangunan yang diagungkan. Melainkan juga melihat kegiatan keagamaan, ceramah agama, hingga pendidikan agama termasuk bagian tak terpisah dari wisata religi.

Berikut ini macam-macam wisata religi dalam agama Islam:


1. Haji dan Umroh

Melakukan perjalanan (traveling) jarak jauh ke Arab Saudi merupakan hiburan menyenangkan tersendiri. Selain upaya untuk menunaikan perintah Allah SWT juga bisa melihat keindahan alam saat terbang. Serta pengalaman baru lain.


Di Makkah dan Madinah wisatawan dapat berkeliling kota. Menikmati indahnya tatanan kota di negeri lain. Menyelami perbedaan kehidupan sosial antara di sana dengan Indonesia. Lantas mengunjungi Makam Nabi beserta orang-orang saleh.


2. Belanja di Kampung Arab

Orang Arab di Indonesia identik dengan agama Islam. Di mana, komunitas arab di Indonesia seringkali kumpul dalam satu wilayah tertentu. Perlu kamu tahu bahwa belanja merupakan bagian dari wisata. Namanya "wisata belanja".


Di kampung arab tersebut kamu dapat belanja aneka cemilan, minuman, obat herbal, sampai makanan khas timur tengah. Suasana masyarakat yang berpakaian arab khas Islam membuat suasana menjadi religius. Jadi merasa dekat Allah.


3. Salat di Masjid Megah dan Unik

Berkunjung ke Masjid megah jangan hanya untuk melihat-lihat bangunan dan ke toiletnya saja. Cobalah sensasi ibadah salat di sana. Dijamin getaran iman di dada jadi lebih mudah untuk peka merasakan hidayah dari Allah SWT.

Masjid Hagia Sophia (sumber gambar)


Kunjungi pula Masjid-masjid yang berarsitektur unik. Misalnya ornamennya khas China seperti Masjid-masjid Ceng Ho di beberapa kota. Datangi pula Masjid di pondok pesantren. Cobalah rasanya salat bersama para santri di sana.


4. Ziarah ke Makam Orang Saleh

Mengunjungi makam orang saleh merupakan salah satu bentuk penghormatan orang awam dan merasa penuh dosa (tidak saleh) kepada orang-orang saleh. Di sana mereka dapat merasa lebih dekat pada Allah SWT.


Kandungan nilai wisata dari ziarah makam seperti di atas ialah menenangkan hati. Cuma caranya beda. Wisata non religi cara merilekskan hati tergantung pada kualitas tempat wisata. Sedang ziarah makam tergantung pada tingkat keyakinan.


5. Ikuti Kajian atau Pengajian Agama

Pengajian akbar yang mendatangkan ustadz atau Kiai terkenal dapat menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya di sejumlah daerah ada agenda "Pengajian Ahad Pagi". Nah, cobalah sesekali ikuti acara tersebut.


Dari pada hanya mendengar di radio, televisi, maupun internet mending datang langsung. Lebih marem (puas hati) karena dapat langsung melihat wajah tokoh agama. Serta sangat mungkin bisa berjabat tangan. Setidaknya duduknya cukup dekat.


Komentar