Macam-macam Wisata Olah Raga yang Patut Dicoba

Wisata olah raga adalah kegiatan perjalanan yang dikhususkan terkait kegiatan fisik, perlombaan, atau ketangkasan yang dapat dilakukan cuma dengan melihatnya untuk dinikmati maupun terlibat langsung di dalam arena.

www.dolanku.com

Wisata olah raga tidak bisa dipandang remeh. Kurang lebih satu dekade sekarang ini peningkatan devisa sejumlah negara gara-gara industri wisata olah raga sangat besar. Dalam kasus di Indonesia sebut saja seperti Tour de Singkarak.

Belum lagi wisata olah raga tingkat nasional. Jumlah sumbangan terhadap perputaran roda ekonomi juga tidak dapat dipandang remeh. Para penonton kerapkali bakal beli oleh-oleh, artibut, kostum, dan pernak-pernik lainnya.


Macam-macam wisata olah raga yang patut dicoba sendiri secara langsung.


1. Paralayang

Paralayang adalah olah raga terbang bebas yang lepas landasnya menggunakan kaki di atas kaki atau tebing gunung lantas melayang turun menggunakan "payung" dari kain dengan tujuan untuk kompetisi maupun rekreasi.


Bagi para pemula, awam, atau belum pernah paralayang diwajibkan terbang bersama tandem. Yakni, pihak profesional yang bertugas menjadi pilot atau pengemudi sayap kain paralayang. Kamu cukup diam dan menikmati pemandangan.


2. Flying Fox

Flying fox adalah tantangan, permainan, atau ketangkasan dalam menuruni atau melaju cepat dari ketinggian menggunakan tali. Siapa yang paling cepat menginjak titik darat, dialah yang disebut pemenang. 


Wisata ini bakal membuat pelakunya terlatih menjadi pribadi berani, tegas, dan cekatan. Selain itu flying fox juga dapat dilombakan. Lebih seru lagi ketika perlombaan itu dilakukan bersama tim disertai menyelesaikan tantangan lain.


3. Outbound

Outbound adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan ketangkasan fisik, kecerdasan, dan kematangan mental dalam menuntaskan tantangan yang diberikan oleh pemandu. Aktivitas itu paling umum dilakukan di alam terbuka.

Outbound di Tamang Singha Merjosari Malang (sumber gambar)


Outbound dapat melatih, membentuk, serta mengembangkan jiwa kepemimpinan maupun manajemen pada masing-masing individu. Seringkali di dalamnya diselingi kegiatan olah raga. Sebut saja seperti sepak bola, lari, dan hukuman push up.


4. Diving 

Diving atau menyelam adalah salah satu cabang olah raga yang aktivitasnya bertahan di bawah air menggunakan alat bantu pernafasan. Diving biasanya dilakukan di dalam laut guna melihat terumbu karang beserta aneka ragama ikan.


5. Bersepeda

Kegiatan bersepeda tidak cuma menyehatkan tubuh. Melainkan juga dapat menyehatkan pikiran atau jiwa. Apalagi di lakukan di cuaca yang tepat, berkelompok bersama orang yang dikenal, dan di lokasi yang terbebas dari polusi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang