5 Kelebihan Berwisata di Museum

Museum merupakan salah satu wisata yang kurang diminati. Seberapa pun tempat rekreasi dan belajar tersebut dirombak dan dikelola dengan baik, popularitas dan performa tak akan bertahan lama. Setidaknya, ramai cuma pada musim tertentu.


Gaya hidup masyarakat Indonesia sudah tergerus oleh budaya hedonis, konsumtif, materialis, atau semacamnya. Banyak dari mereka memandang museum sebagai tempat yang tidak menguntungkan bagi hubungan sosial.

Museum identik dengan wisata murah, tak modern, ketinggalan zaman, dan tak mengasyikan. Akibatnya bukan hanya dipenuhi rasa malu ketika berwisata ke sana. Melainkan pula karena fasilitas dan layanannya tak memadai.


Padahal sesungguhnya banyak manfaat yang dipetik tatkala anak, remaja, sampai orang dewasa berkunjung ke museum. 


1. Media Pembelajaran Visual

Dari pada memahami wawasan, pengetahuan, hingga ilmu sekadar melalui buku maupun gambar lebih baik kunjungi museum. Di sana banyak replika, diaroma, atau miniatur yang dapat menimbulkan kesan dan imajenasi yang bagus.


2. Menginspirasi

Inspirasi serta minat pada hal baru dapat muncul tatkala orang datang ke museum. Lebih dari itu, barangkali cita-cita hidup seseorang juga bakal berganti/bergeser setelah melihat-lihat sejumlah pajangan yang ada di dalamnya.

Salah satu sudut museum (sumber gambar)

3. Menjadi Mesin Waktu

Untuk kembali ke masa lampau maupun melihat nuansa yang berbeda tak perlu menggunakan teknologi canggih. Cukup datangi museum. Di sana banyak barang-barang asli yang langsung diambil atau diawetkan dari zaman dan tempatnya.


4. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Museum biasanya tidak hanya ada benda, teks, atau audio semata. Di sana juga ada pemandu yang senantiasi sigap dalam melayani tamu. Memberikan penjelasan secara detail. Serta siap melakukan tanya jawab secara terbuka.


5. Jadi Dopamine Detox

Dopamine detox berguna untuk mempuasakan atau meliburkan otak dari aktivitas yang bikin kecanduan. Misalnya aktivitas menyenangkan seperti nonton TV, main ke mall, nonton bioskop, menikmati internet, chatting, dan lain sebagainya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI