5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

Potensi wisata alam berupa air terjun tidak boleh diremehkan. Bukan cuma hiburan untuk memanjakan mata tentang keindahannya. Tidak hanya menyejukkan badan di tengah gemercik air. Namun, ternyata juga baik bagi kesehatan.


Air terjun memang banyak jenisnya. Ada yang dapat digunakan sebagai tempat renang. Jatuhnya air dapat dinikmati tubuh. Ada pula yang cukup dilihat saja. Bukan hanya karena risiko bahaya. Melainkan kualitas buruk airnya.


Berikut 5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

1. Menjaga Kesehatan Raga dan Jiwa

Merebahkan tubuh di bebatuan air terjun atau pun meletakkan kepala langsung tepat di air terjun dapat menjadi terapi tersendiri. Tentu tidak semua air terjun dapat dimanfaatkan seperti itu. Pilihlah air terjun yang masih "perawan".


Manfaat rileksasi di air terjun yaitu menenangkan pikiran, memperlancar peredaran darah, membuat otot-otot tidak kaku, membakar lemak, hingga meningkatkan kualitas pancaran kecantikan kulit wajah dan rambut.


2. Dapat Bonus Olah Raga

Wisata air terjun kerapkali berada di cekungan tajam bagian bukit. Guna dapat mencapai memang tampak mudah karena menurun. Baru saat kembali menuju area parkir kendaraan mesti melintasi tanjakan ekstrim. Dijamin itu jadi olah raga.

Air terjun Wafsarak di Papua (sumber gambar)


Menjaga kebugaran tubuh memang lebih enak dilakukan secara alami. Tidak di ruangan tertutup. Apalagi udara yang dihirup berasal dari AC. Dengan begitu olah raga yang dilakukan jauh lebih menghasilkan dari pada di tempat lain.


3. Menghargai Sebuah Pengorbanan

Pengorbanan bakal dilakukan tak hanya ketika didepan, baru memperoleh hasil. Kadang seseorang harus menerima kesenangan dulu baru dibebani pengorbanan. Fenomena itu terjadi saat kamu berwisata di air terjun.


Tatkala hendak menuju air terjun tapak kaki terasa ringan karena jalanan menurun. Sangat mudah dan cepat menuju pusat hiburan wisata alam tersebut. Setelah itu, untuk keluar dari area wisata mesti mendaki. Tentu rasanya berat.


4. Menyatu Bersama Alam

Lingkungan air terjun berada di area perbukitan. Di mana, di sekitarnya terdapat banyak pepohonan. Tak jarang beberapa flora dan fauna terpampang beraneka ragam. Suara burung, monyet, dan serangga jadi pelipur bisingnya perkotaan.


Orang yang berlibur ke air terjun dapat mendekatkan diri pada alam. Tempat awal mula dan jati diri manusia berasal. Sebelum zaman modern seperti ini, kehidupan masyarakat tak bisa terlepas dari air terjun. Terutama dalam masalah mistis/gaib.


5. Dapat Petualangan Seru

Masa sekarang banyak yang menggantukan diri pada teknologi canggih. Kehidupan mereka terperdaya oleh kebahagian semu yang ada di internet. Berwisata di air terjun dapat mengurangi sejenak ketergantungan pada smartphone.


Suasana alam di sekitar air terjun dapat menawarkan berbagai macam petualangan. Bila beruntung, kamu mendapat akses mudah dan tak dilarang untuk menuju atas. Pusat sumber kucuran air terjun yang berupa sungai di atas.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang