Bukan Hanya Tol, Jalur Lintas Selatan Juga Bisa untuk Tempat Berwisata

Dolanku.com - Sudah berkali-kali ditekankan pada artikel di website Dolanku ini bahwa wisata tidak cuma yang harus berbayar dan ada wahananya. Di taman kota, tempat ibadah, jalan tol, atau semacamnya bisa dijadikan tujuan berwisata.


Baca juga: Wisata Jalan Tol, Keluar Kota Cuma Ingin Menapaki Aspal Jalan Bebas Hambatan


Begitu pula melintasi jalur lintas selatan pulau Jawa atau yang kerap disebut jalan pansela (pantai selatan) dapat menjadi kegiatan wisata sendiri. Apalagi bagi penduduk kota yang matanya sudah bosan memandang gedung menjulang.


Pemandangan indah di lintas selatan merupakan wisata alam gratis. Penjual makanan pinggir jalan di sana juga bisa disebut wisata kuliner. Dapat dikata, jalan pansela menjadi destinasi wisata bagi siapapun yang melewati. Baik tujuannya untuk mudik, bekerja, serta jalan-jalan.


Menu makanan yang dapat dinikmati dari pedagang aneka panganan di jalan pinggir pantai selatan meliputi makanan laut, sate klatak, sate ambal, mata lembu (siput laut), buah-buahan, dan lain-lain. Sungguh menggiurkan sekali.


Sebagaimana diketahui bahwa jalur lintas selatan jawa meliputi Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Mayoritas jalan yang dilalui sangat dekat pantai selatan. Bahkan, kadang pemandangannya laut.


Di sepanjang lintasan pansela banyak sekali lokasi wisata. Baik itu yang berbayar, gratis, maupun fasilitas hiburan tambahan yang disediakan penginapan atau rumah makan. Kendati, meski tak mampir pun membuat perjalanan tetap terhibur.

Sumber gambar 


Kelebihan di jalur selatan ini yaitu jalanya sudah halus. Walau belum terlalu lebar setidaknya tidak banyak kendaraan besar melintas layaknya di pantura. Mobil dan sepeda motor dapat leluasa menepi tanpa takut macet atau kesulitan keluar masuk.


Baca juga: 5 Kelebihan Berwisata di Pantai


Jalan pantai selatan Jawa juga disebut jalur surga. Banyak kelokan, tanjakan, sampai turunan yang menimbulkan sensasi dan kesan tersendiri. Bisa dibilang wilayah pesisir pantai selatan menyuguhkan pengalaman berbeda. Patut dipertimbangkan.


Perjalanan panjang dan lama di sepanjang lintasan pansela impas dengan kebahagiaan yang diperoleh. Kendati seperti itu, perlu diketahui bahwa di sana masih jarang SPBU besar. Begitu juga masih jarang lampu jalan. Lebih baik berkendaralah saat pagi dan siang.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam