5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

Indonesia Punya 3 Provinsi Baru, Total Jadi 37, Sudah Siap Dikunjungi?

Dolanku.com - Pemekaran wilayah adalah kebutuhan bagi negara seperti Indonesia yang sedang berkembang. Seiring waktu berjalan penambahan distrik atau wilayah baru sangat diperlukan. Demi percepatan dan pemerataan pembangunan.


Bertambahnya populasi penduduk serta kebutuhan efisiensi biaya dalam pelayanan menjadi beberapa alasan. Kendati harus diakui, ada nada sinis yang bersuara pembentukan provinsi baru dapat memperpecah kesatuan.


Terlepas dari isu miring, kabar tentang bertambahnya 3 provinsi baru di Indonesia akan menjadi nyata. Sudah banyak anggota DPR RI dan masyarakat terdampak perencanaan tersebut menyetujui. Tinggal menunggu pengesahan.

Sumber gambar 


Penambahan provinsi baru itu sudah diperjuangkan melalui RUU alias Rancangan Undang-undang tentang Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah. Semuanya berada di pulau Papua.


Secara rinci ketiga provinsi tersebut akan memiliki wilayah sebagai berikut:


1. Provinsi Papua Selatan (Ha Anim)

Ibu kota: Merauke

Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Boven Digoel.


2. Provinsi Papua Tengah (Meepago)

Ibu Kota: Timika

Kabupaten Timika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deyiai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Puncak.


3. Provinsi Papua Pegunungan Tengah (Lapago)

Ibu Kota: Wamena

Kabupaten Wamena, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Yalimo.


Pemekaran wilayah di Papua semoga berdampak baik  bagi mereka dan seluruh rakyat Indonesia. Serta terjadi kerukunan, toleransi, dan persatuan yang utuh. Tidak ada lagi insiden pembakaran tempat Ibadah seperti di Tolikara pada zaman dulu. PAPUA HEBAT!


Semakin Terbuka untuk Dikunjungi

Harapan selanjutnya pulau Papua semakin ramah, aman, nyaman, dan terbuka untuk dikunjungi pendatang dari daerah lain. Baik itu bertujuan untuk transmigrasi, berdakwah, kegiatan ekonomi, maupun melakukan kegiatan berwisata. Salut untuk Papua sekarang.


Dengan manajemen pemerintahan yang semakin ramping diharapkan pengelolaannya menjadi gesit dalam melayani masyarakat. Terutama bagi para pengunjung yang ingin berinteraksi dengan penduduk asli dan alam indah di sana.


Bagi pegiat perjalanan jauh yang ingin berkeliling seluruh provinsi di Indonesia harus merevisi rencana. Sebelumnya hanya menargetkan 34 provinsi, kini menjadi 37 lokasi. Siapkan mulai dari sekarang sebelum bertambah makin banyak lagi.


Di tiga provinsi baru tersebut banyak sekali destinasi wisata alam. Mulai dari hutan, sungai, pantai, pegunungan, hingga salju di gunung Jayawijaya. Kendati demikian tetap harus waspada dan hati-hati. Selalu hormati kearifan lokal di sana.


Perlu pula diperhatikan terkait potensi penyebaran penyakit yang berbahaya. Baik yang ditularkan antar manusia maupun melalui hewan. Misalnya HIV/AIDS, malaria, demam berdarah, dan lain-lain. Semoga permasalahan yang masih jadi isu buruk tersebut segera benar-benar teratasi. Papua Bangkit!


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat