5 Barang yang Mesti Dibawa Saat Mudik

Dolanku.com - Tradisi mudik memiliki makna tersendiri bagi rakyat Indonesia. Ada kesan membekas saat para perantau serta kaum urban melakukan mudik lebaran. Terutama bagi keluarga dan tetangga di kampung yang dikunjungi.


Ada yang mengatakan bahwa budaya mudik sekarang jauh lebih meriah dan ramai dari zaman dulu. Sebab, makin mudah akses jalan dan modal transportasi umum sehingga bertambah banyak pula jumlah pemudik.


Baca juga: Arti dan Asal Usul Kata "Mudik", Ini Buktinya Telah Mengalami Pergeseran Makna


Dikatakan pula bahwa persiapan mudik di era kini tak sesulit sebelumnya. Pemudik dimanjakan dengan berbagai teknologi informasi berupa aplikasi pembelian tiket, pesan penginapan, maupun yang terkait dengan itu.


Kendati demikian, agar tidak menyesal sebaiknya tetap perlu perencanaan. Supaya perjalanan jauh tersebut lebih aman dan nyaman. Salah satunya dengan cara mempersiapkan barang bawaan seperti berikut:


1. Alat Reparasi Ringan

Bawalah obeng, engkol, kunci, atau alat reparasi ringan yang memudahkan kalian saat ada kendala kecil. Ingatlah, bengkel jarang yang buka saat lebaran. Kalaupun buka seringkali mematok harga mahal.


2. Obat, Suplemen, dan Herbal

Obat, suplemen, atau herbal tertentu tidak cuma berfungsi mengobati tapi juga bisa mencegah sakit. Kondisi cuaca tak mendukung serta rasa capek dapat mudah terserang penyakit. Bawalah ketiganya supaya mendukung kesehatan badan.

Sumber gambar 


3. Kain Halus Pembersih

Kain pembersih dapat berguma mengelap muka dan rambut. Bermanfaat juga bagi kaca mobil yang berembun, basah, hingga berdebu. Begitu pula pada sepeda motor bisa untuk membersihkan kaca lampu maupun spion yang basah. Selain untuk keamanan tentunya demi kenyamanan.


4. Air Mineral

Kebutuhan air sangat penting dalam perjalanan jauh. Panas dan rasa lelah mudah membikin dehidrasi. Demi mencukupi asupan cairan bawalah bekal air mineral yang cukup. Sebab, selain rasa lapar kondisi haus juga bikin mudah marah.


Baca juga: 3 Syarat dalam Perjalanan Boleh Tidak Puasa Ramadan


5. Cemilan Ringan

Cemilan ringan seperti buah, jajanan tradisional, atau semacamnya dapat menjadi "pemadam" kelaparan. Rasa lapar yang kadang muncul tiba-tiba membuat perut keroncongan. Nahasnya, keadaan lalu lintas tak mendukung untuk menepi demi menikmati makanan.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam