5 Persiapan Sebelum Berangkat Umrah

Dolanku.com - Umroh yang juga disebut dengan "haji kecil" merupakan ibadah sunnah. Di mana, bagi orang yang mampu sebaiknya mengerjakan umrah dulu sebelum berhaji. Salah satu manfaatnya sebagai latihan.


Meski tata cara dan ketentuan umroh jauh lebih singkat dari haji tetaplah jangan disepelekan. Salah-salah kalau teledor ibadah tersebut tidak diterima oleh Allah SWT. Lebih nahasnya, tubuh dan jiwa ternyata tak mampu adaptasi di lingkungan sana.


Agar ibadah umrah berkualitas dan menyehatkan berikut ini sejumlah tips yang mesti diterapkan:


1. Himpun Informasi

Cari cerita dari pengalaman kerabat dan teman yang pernah mengerjakan umrah. Bila diperlukan maka tambahi Informasi dari dunia maya seperti YouTube. Baca buku atau artikel tentang syarat sah dan rukun melaksanakan umroh.


2. Persiapkan Dokumen

Dokumen pribadi maupun yang khusus terkait umroh harus diletakkan tersendiri. Posisikan barang ini sama pentingnya seperti uang. Biasanya dokumen apa saja yang wajib dibawa sudah diarahkan oleh agen travel umroh.


3. Persiapkan Kesehatan Jiwa dan Raga

Lakukan olah raga kecil rutin setiap hari sebelum naik pesawat terbang. Perjalanan jauh membuat badan capek. Belum lagi saat menghadapi cuaca berbeda di lokasi umrah. Daripada di sana jatuh sakit minumlah suplemen vitamin tertentu.


Persiapkan juga psikis atau kejiwaan diri. Jangan sampai jet lag membuat kondisi emosi terganggu. Tata hati dengan meluruskan niat. Hindari uforia di sana sehingga melupakan meraih keutamaan pahala umrah. Ingat, bahwa tujuannya ibadah.


Baca juga: Ketahui Arti Jet Lag, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


4. Rutin Melakukan Peragaan Umrah

Latihan manasik umroh sangat penting. Apalagi disertai miniatur kakbah atau atribut penting lainnya yang mampu memberi visualisasi akurat. Peragaan ini biasanya juga sudah dikelola oleh perusahaan penyelenggara perjalanan umroh.

Sumber gambar 


5. Persiapkan Kebutuhan Pribadi

Bawalah barang-barang yang memang dibutuhkan. Benar-benar dapat dipastikan dipakai dan bermanfaat di sana. Hindari membawa barang berlebih agar ada ruang menaruh oleh-oleh untuk sanak saudara.


Itulah beberapa persiapan sebelum umrah. Bagi orang yang berduit mungkin kegiatan ibadah tersebut bagaikan liburan. Namun, untuk pihak yang belum pengalaman serta punya niat kuat memetik pahala tentu butuh penyesuaian tersendiri agar betul-betul siap.


Semoga kita semua dimudahkan untuk mampu menjalankan ibadah umrah. Aamiin. 


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam