5 Rest Area Jalan Tol Trans Jawa yang Cocok untuk Berwisata

Dolanku.com - Berwisata itu tak melulu harus bayar tiket maupun ada wahana khusus bermain tertentu untuk dinikmati. Mampir atau sengaja menuju rest area jalan tol berukuran besar juga merupakan bagian kegiatan wisata.


Setidaknya di jalan tol itu pengunjung bisa menikmati wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata alam. Kendati seperti itu tidak semua rest area mumpuni untuk berwisata. Sebab, fungsinya diutamakan hanya untuk tempat beristirahat sejenak.


Pilihlah rest area yang memiliki fasilitas lengkap dengan luas lahan tak kecil. Begitu pula layanan yang diberikan mesti terjamin diberikan totalitas. Mulai dari petugas parkir, satpam, hingga tukang bersih-bersih.


Baca juga: Hotel Pertama dan Masih Satu-satunya di Rest Area Jalan Tol Indonesia


Berikut ini rest area terbaik di tol trans Jawa yang sebaiknya dikunjungi:


1. Rest Area KM 456 A dan KM 456 B

Rest area bernomor cantik ini terletak di tol Semarang-Solo. Tepatnya pada Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Di mana, KM 456 A letaknya pada posisi arah Jakarta-Surabaya. Begitu pula sebaliknya.

Rest area 456 (sumber gambar)


Uniknya, rest area ini terhubung jembatan tertutup atap khusus pejalan kaki. Ukurannya sangat lebar. Baik pengunjung rest area di sisi A maupun sisi B, keduanya bisa saling mendatangi satu sama lain.


Di sini disediakan toko atau penjual kaos serta hal-hal lain selain makanan. Adapun urusan kuliner sudah barang tentu pasti ada seperti umumnya rest area. Akan tetapi, bedanya tata letak rest area 456 didesain mirip mall.


2. Rest Area KM 429

Lokasi rest area 429 berada di perbukitan. Suasananya sejuk. Ditambah pemandangan bukit-bukit hijau dari hutan serta pegunungan yang menghampar. Letak rest area tol trans jawa ini berada di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang.


Rest area KM 429 hanya ada satu sisi. Yakni, lokasi berada di arah Jakarta-Surabaya. Kenyataan tersebut sangat menguntungkan bagi pengunjung. Mereka dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Dijamin bakal berkesan saat wisata di sini.


3. Rest Area KM 260

Rest area di kilometer 260 ini cuma ada satu. Yakni, di sisi arah Surabaya-Jakarta. Bangunan ikonik di sini yaitu pabrik gula bekas masa penjajahan belanda. Tanpa perlu membongkar tapi cukup dipoles. Jauh dari kesan angker dan kumuh.


Lokasi rest area KM 260 di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Ukurannya terbilang luas. Bisa dibilang terkesan longgar. Masih cukup banyak ruang kosong untuk berjalan-jalan.


4. Rest Area KM 487 A dan KM 487 B

Kedua rest area ini terletak di Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Nama lain dari rest area 487  yaitu disebut Bale Nglaras. Di mana, memiliki pemandangan pesona keindahan gunung Merapi.


Baca juga: Sekali-kali Lewatlah Jalan Tol, Meski Rombongan ataupun Naik Bus Umum


Sebagaimana rest area terdekat, di rest area KM 487 juga memberikan udara sejuk. Baik di sisi A maupun B masing-masing layang untuk dikunjungi. Saat mengarah dari Jakarta-Surabaya mlipir dulu ke KM 487 A. Begitu pula sebaliknya.


5. Rest Area KM 88 B

Rest area ini terletak di arah ruas tol dari Bandung menuju Jakarta. Sedangkan rest area sampingnya KM 88 A di posisi arah Jakarta-Bandung. Di rest area kilometer 88 terdapat spot berfoto dengan latar 3D (tiga dimensi).


Rest area di ruas tol Purbaleunyi tersebut juga dilengkapi pujasera (pusat jajanan serba ada) alias food courts. Bedanya di sini konsep yang diusung yaitu food truck. Setidaknya ada 15 buah di sana. Perlu diketahui pula bahwa Masjid di sini tergolong besar dan indah.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam