3 Lokasi Buka Puasa Bersama dengan Teman Sebaya

Dolanku.com - Buka puasa bersama merupakan salah satu hiburan tersendiri. Meski menu barangkali sama dengan hari-hari lain,  lantaran dimakan bersama teman rasanya lebih istimewa. Ada kesan tersendiri yang sulit terlupakan.


Momen berbuka puasa bersama tentu sensasinya berbeda dengan makan bersama di hari biasa. Sebab, para peserta punya satu misi sama yaitu ibadah. Serta memiliki nasib yang sama berupa rasa lapar yang menyertai.


Agar kegiatan buka bersama bisa jadi kegiatan liburan berpahala berikut ini 3 lokasi pilihan yang bisa digunakan:


1. Rumah Makan

Cari rumah makan yang sesuai dengan jumlah dan usia pesertanya. Kalau ada sedikit teman yang terkumpul lebih baik lokasinya di warung kecil pinggir jalan. Disarankan lesehan agar lebih leluasa.


Adapun dalam jumlah besar lebih baik buka bersama di rumah makan prasmanan. Biaya ditanggung patungan. Cari tempat yang sesuai dengan keadaan peserta. Seperti masih usia sekolah, kuliah, atau kerja.

Sumber gambar 


2. Masjid

Ada Masjid tertentu yang memiliki jatah nasi kotak dan iftar (takjil) yang banyak. Puluhan hingga ratusan setiap hari. Itu biasanya letak Masjid berada di kota besar dekat pusat pendidikan atau kampus terkenal.


Jika memang kesulitan menemukan Masjid seperti di atas yang menyediakan menu buka puasa gratis maka buatlah inisiatif. Izin pada pengurus Masjid untuk mengadakan buka bersama dengan biaya dan bawa makanan sendiri.


Lebih elok tentu sediakan beberapa porsi tambahan makanan buka puasa untuk jamaah maupun pengelola Masjid. Dijamin ada kepuasan batin serta rasa kebersamaan membumi dengan masyarakat akan terpupuk.


3. Lingkungan Tempat Aktivitas

Bagi yang masih sekolah laksanakan buka puasa di Masjid sekolah didampingi guru pembimbing atau wali kelas. Sedang untuk anak kuliah bisa buka puasa di Masjid kampus. Jangan lupa mengerjakan sholat maghrib berjamaah.


Adapun yang sudah kerja tentu buka puasa bersama dilaksanakan di kantor. Sebelum waktu azan maghrib tiba dapat didahului dengan acara ceramah agama. Dapat pula bagi-bagi iftar untuk pengguna jalan di depan kantor.


Jangan sampai acara bukber hanya jadi wacana. Agar segera terlaksana salah satu atau beberapa orang harus mau berkorban. Mengeluarkan uang untuk memboking rumah makan atau jasa ketering. Tunjukkan kwitansi tersebut sebelum agenda terlaksana.

 

Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam