5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

3 Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Dolanku.com - Ada banyak alasan pemudik memilih memakai sepeda motor ketimbang menggunakan transportasi umum maupun naik mobil secara rombongan. Salah satunya ingin hemat dan leluasa.


Kendati demikian, pemerintah sendiri sudah kerapkali mengingatkan bahwa penggunaan sepeda motor untuk mudik sebaiknya dihindari. Apalagi untuk perjalanan jauh disertai muatan penuh.


Agar perjalanan mudik menggunakan sepeda motor tetap aman dan nyaman sebaiknya perhatikan tips berikut:


1. Jangan Terburu Nafsu

Bukan kecepatan dan segera sampai tujuan sebuah perjalanan dikatakan hebat. Melainkan keselamatan yang paling utama. Serta tidak membahayakan diri sendiri dan keluarga maupun pengendara lain.


Baca juga: 3 Syarat dalam Perjalanan Boleh Tidak Puasa Ramadan


Istirahatlah di Masjid, SPBU, rest area, rumah makan, hingga di taman kota setiap 2 sampai 2,5 jam sekali. Nikmati perjalanan. Percayalah keluarga di kampung bakal memaklumi keterlambatan. Lagi pula memang musim macet.


2. Istirahat di Perjalanan Secara Berkualitas

Sediakan waktu paling tidak 15 menit untuk mendinginkan badan maupun mesin motor. Minumlah air secukupnya. Lakukan peregangan tubuh. Manjakan mata untuk memandang lokasi Istirahat. 

Sumber gambar 


Pilih tempat istirahat yang bersih, indah, teduh, hijau, parkir luas, dan tidak terlalu banyak orang. Untuk menemukan lokasi seperti itu sebaiknya cari di lokasi agak dalam. Bukan di jalur utama arus mudik.


3. Rencanakan Rute Utama Sekaligus Alternatifnya

Selain merencanakan rute utama persiapkan juga jalur alternatif. Ini sangat penting ketika ternyata rute favorit mengalami macet. Begitu pula rencanakan di mana saja titik pemberhentian untuk istirahat.


Jangan fanatik atau terpaku menggunakan lintasan tertentu. Bersikap luwes sangat penting dilakukan. Lagian tidak ada salahnya melewati jalur mudik yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat