8 Rahasia Paling Menjijikkan dari Hotel yang Disembunyikan dari Tamu

Dolanku.com - Zaman dulu mendengar istilah hotel langsung terbesit tentang fasilitas penginapan berbayar mahal. Tidak semua orang mampu menginap di sana. Malahan banyak mitos beredar bahwa hotel selalu identik dengan kesempurnaan dan kemanjaan.


Seperti halnya naik pesawat, kini banyak orang kampung yang terbiasa terbang menggunakan burung besi. Bandara bukan lagi tempat eksklusif. Sudah banyak orang dari berbagai kalangan begitu mudah hilir mudik mengantarkan maupun menjemput. 


Begitu pula menginap di hotel. Umumnya hotel telah digunakan semua kelas atau strata sosial masyarakat. Bahkan sekelas hotel berbintang pun. Minimal hotel bintang 3. Namun, bukan berarti kelas yang lebih atas lebih menjamin eksklusifitas.


Memang betul tidak semua hotel berbuat curang dan menjijikkan demi keuntungan. Kendati begitu sungguh sulit ditemukan hotel sempurna. Pihak manajemen tentu rela mengorbankan kesehatan tamu dari satu sisi pelayanan dan fasilitas tertentu demi terhindar dari kerugian. 


Baca juga: Harga Booking Hotel Standar, Berdasar Pengalaman Pribadi


Berikut ini lima hal yang disembunyikan hotel dari pelanggan:


1. Kamar Tak Selalu Bersih

Mungkin saja lantai atau hal lain di dalam kamar tampak bersih. Tapi tahukah bagaimana cara pengelola hotel dalam membersihkan. Tentu mereka dikejar waktu dan ingin hemat tenaga kerja. Oleh sebab itu, terkadang mereka gunakan trik khusus agar lebih cepat dan murah.

Ilustrasi kamar hotel (sumber gambar)

2. Kebersihan Peralatan

Banyak pengunjung memakai kamar sebelumnya. Apalagi kalau hotelnya ramai. Semakin sibuk mereka potensi abai pada kebersihan makin besar. Lebih baik gunakan botol air mineral untuk minum daripada gelas yang tersedia. Takutnya peralatan makan hanya dibilas sekenanya. Begitu juga dengan piring.


3. Kualitas Makanan

Pernah tidak membayangkan tentang makanan di hotel sering dicicipi pegawai hotel. Padahal bukan juru masak maupun bagian dapur. Itu masih belum cukup. Masakan yang dihangatkan berkali-kali bisa saja tega dihidangkan. Bahkan, diberi bahan pengawet. Terutama nasi goreng biasanya bekas nasi kemarin.


4. Toilet Hanya Diwangikan

Gulungan tisu yang tersisa dari pengunjung sebelumnya tak diganti. Toilet dan bak rendam cuma disiram dan diwangikan. Tanpa peduli bakteri, virus, atau kuman sudah hilang atau tidak. Handuk tidak dicuci cuma dijemur. Apalagi cermin, lebih baik jangan menyentuhnya.


5. Air Kolam Renang Jarang Diganti

Pernah ingin berenang di hotel? Alangkah baiknya dipikir dulu. Terkadang hotel hanya fokus pada pelayanan menginap. Tidak sungguh-sungguh peduli tentang perawatan dan kebersihan kolam renang. Cuma mengandalkan bahan kimia sebagai penjernih air.


6. Seprei dan Selimut Tidak Dicuci

Seprei biasanya jarang dicuci. Bila terlihat masih bersih maka cuma akan dirapikan untuk dipakai tamu berikutnya. Kalau terpaksa menginap di hotel murah dianjurkan bawa seprei dan selimut sendiri. Amat jijik memakai tempat tidur bekas zina.


7. Sofa atau Kursi Kotor

Jangan remehkan kotoran bekas makanan terselip di sela-sela lipatan tempat duduk. Lalu bekas air liur anak kecil. Serta sebelumnya dipakai duduk oleh tamu dalam keadaan tanpa busana. Sungguh tak terbayangkan.


8. Remote AC dan TV Benda Paling Kotor

Sebagaimana permukaan layar ponsel, tombol di remote juga dinobatkan sebagai benda paling kotor yang sering dipakai. Jangan tertipu dengan warna yang kinclong. Sebab tolok ukur bersih dari ancaman sumber penyakit bukan cuma itu.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam