6 Ciri Agen Travel Umroh Jujur dan Terpercaya

Dolanku.com - Barangkali orang yang sengaja merugikan dan menipu dengan mengatasnamakan agama pantas disebut munafik. Alasannya, dia mengaku sebagai bagian umat Islam tapi justru menusuk dari dalam.


Kendati demikian, jangan terburu berburuk sangka. Teramat mungkin seseorang punya niat baik ingin mencari uang halal sekaligus mau membantu sesama Muslim. Namun, lantaran minim pengalaman dan cuma modal nekat akhirnya amburadul.


Baca juga: Pentingnya Melakukan Perjalanan Umrah di Bulan Ramadan


Sebagaimana juga pada kasus penyelenggara perjalanan umroh. Para perusahaan atau agen travel umrah ada yang merugikan konsumennya. Walau tidak parah sehingga batal berangkat, setidak-tidaknya ternyata fasilitas dan pelayanan tak sesuai kesepakatan awal.

Ilustrasi agen travel umroh (sumber gambar)


Agar tidak tertipu agen travel umroh berikut 6 hal yang perlu diketahui tentang perusahaan umrah amanah:


1. Banyak Pengalaman

Pengalaman organisasi dalam menyelenggarakan ibadah umrah sangat penting. Apalagi bagi mereka yang punya pegawai banyak serta kualitas mumpuni. Serta segala aspek kebutuhan umrah mereka kelola sendiri dari hulu ke hilir.


2. Dikelola oleh Orang Terkenal

Ustadz, tokoh agama, atau orang ternama yang menjadi penanggung jawab perusahaan travel umroh patut diperhitungkan. Agen travel umroh adalah bisnis berkelanjutan. Tentu pula mereka bakal mempertaruhkan nama baik ketika ada kejanggalan.


3. Punya Kantor Pusat Permanen

Barangkali unit cabang di beberapa kota mungkin menyewa atau kontrak. Akan tetapi bila kantor pusatnya juga tak permanen maka perlu diwaspadai. Apalagi tempatnya di daerah jauh dari komunitas umat Islam seperti pesantren atau Masjid.


Baca juga: 5 Persiapan Sebelum Berangkat Umrah


4. Ongkos Realistis

Hindari terpedaya dengan harga murah biaya umrah. Niat hati ingin hemat ternyata saat ibadah dilaksanakan sangat menyiksa batin dan fisik. Mungkin biaya yang realistis terlihat mahal. Akan tetapi harga sesuai dengan rupa yang dibeli.


5. Cara Promosi Elegan

Strategi marketing agen travel umroh yang profesional tidak dilakukan di media sosial secara gratis. Mereka akan merangkul komunitas atau organisasi Islam untuk promosi secara resmi. Bahkan memanfaatkan instusi tertentu agar bisa masuk ke dalamnya.


6. Memiliki Jaringan dan Kerja Sama

Agen travel handal pasti punya jaringan kerja sama kuat di internal, dengan pemerintah, serta perusahaan terkait. Baik itu di level atas maupun di akar rumput. Dengan memiliki potensi itu pengelola perjalanan umroh tidak akan kelabakan saat menemukan kendala tak terduga.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam