5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

5 Tips Liburan Tanpa Perlu Berhutang

Dolanku.com - Pergi wisata menggunakan uang hasil berhutang maupun pergi wisata tanpa hutang tapi setelah itu "terbit" hutang, keduanya sama saja. Persamaannya akibat ingin berwisata memaksa terima risiko harus pinjam duit.


Memang benar liburan adalah hak dan kebutuhan setiap manusia. Kendati seperti itu cermati dulu tujuan sebenarnya berlibur. Betul-betul untuk healing (penyembuhan) akibat penat atau hanya untuk pamer alias memenuhi gaya hidup.


Baca juga: Berwisata Bukan untuk Gaya Hidup, Tapi Demi Memperbaiki Kualitas Hidup


Hutang bagi sebagian kalangan merupakan tindakan pamali alias tabu. Apalagi hasil berhutang itu digunakan untuk berwisata mewah. Sebuah tindakan pemborosan. Sebab, masih ada kebutuhan lebih penting dan mendesak dari itu.

Sumber gambar 

Kalau sejatinya liburan untuk menghilangkan luka di hati dan lelah pikiran, sebenarnya tidak perlu liburan jauh dan mahal. Walaupun mungkin belum me-refresh otak sepenuhnya, setidak-tidaknya sudah membantu mengurangi setres.


Baca juga: Tips Liburan Super Hemat, Dijamin Tak Menguras Kantong


Agar saat berwisata terhindar dari hutang lebih baik perhatikan tips berikut:


1. Punya Tabungan Khusus

Tabungan khusus liburan sangat penting. Apalagi liburan tersebut sudah terjadwal. Misalnya liburan sekolah, kampus, tempat kerja, hingga wadah organisasi. Tabungan jenis ini harus diterapkan disiplin tingkat tinggi.


Bagi kalian yang tak biasa menabung tentu ini bakal terasa menyulitkan. Inilah momen untuk latihan menghemat uang demi meraih apa yang diinginkan. Tunda dulu kesenangan-kesenangan kecil demi memperoleh yang lebih besar.


2. Manfaatkan Fasilitas Murah dan Gratis

Gunakan transportasi kelas ekonomi saat perjalanan jauh. Banyak sekali tempat penginapan murah berupa kos harian. Permalam tarif cuma 50 ribuan. Kalau mau gratis menginaplah di Masjid Agung. Serta bisa pula Masjid kantor polisi.


Di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali ada bus trans yang tarifnya murah. Sekali naik hanya 3,5 ribu. Serta di sekitar Solo-Yogyakarta maupun Jakarta-Bogor tersedia KRL (Kereta Rel Listrik) bertarif sangat terjangkau.


3. Patungan dengan Teman

Ajaklah teman untuk melakukan wisata bersama. Biar tidak menimbulkan efek negatif, perjelas sedari awal secara gamblang. Mulai dari besaran iuran, jadwal, destinasi wisata, hingga masalah detail lainnya.


Uang patungan ini mesti digunakan untuk kepentingan bersama. Bukan memenuhi kepentingan pribadi. Misal digunakan beli rokok.  Padahal teman satunya tak merokok. Harus diakui berwisata sendiri kadang lebih bagus ketimbang bersama teman. 


4. Manfaatkan Tugas Luar Kota

Tugas kantor untuk keluar kota biasanya ada anggaran penginapan. Malahan hotelnya sudah ditentukan. Tinggal disinggahi saja sebagai tempat istirahat. Nah, manfaatkan itu untuk bersantai di sana. Tak perlu ke mana-mana. 


Di hotel biasanya ada kolam renang. Pakailah berenang sebelum pulang dari dinas luar kota. Di pagi hari juga disediakan menu sarapan secara prasmanan. Nikmati wisata kuliner tersebut dengan betul-betul jenak tanpa terburu. Jangan lupa beli oleh-oleh untuk keluarga.


5. Pulang Kampung Sambil Liburan

Barangkali orang tua sedang rindu sehingga membuat hati terus-menerus kalut. Mau memberitahukan anaknya tapi takut mengganggu pekerjaan. Tak ada salahnya pulang kampung. Di sana kalian dapat bernostalgia saat masa-masa tumbuh kembang.


Alternatif lain datangi keluarga yang berada di luar kota. Selain untuk silaturahim juga mampu mempererat tali kerabat sekaligus sarana menghibur diri. Jangan lupa bawakan mereka makanan khas tempat tinggal kalian berada.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat