5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Pantai memiliki keunggulan tersendiri sebagai objek tujuan berlibur. Dari sekian banyak jenis atau macam tempat wisata, tepi laut merupakan salah satu destinasi paling populer dan terfavorit. Bisa dikatakan, pantai tempat wisata sejuta umat.


Tak hanya tentang pemandangan dan suara deru ombak, pinggir lautan itu juga menyajikan padang pasir. Tatkala kaki menapak pasir, apalagi tanpa alas, dapat menimbulkan sensasi tersendiri. Terutama bagi kamu yang dari kota.


1. Rileksasi Tubuh dan Pikiran

Berenang di pinggir pantai yang tenang atau ombak bersahabat dapat menciptakan rileksasi tubuh. Tak cuma itu, menginjakkan kaki di hamparan pasir dapat memunculkan sensasi kedekatan dengan alam sehingga bikin tenang.


Lingkungan pantai yang asri dan bersih dapat menimbulkan kedamaian jiwa. Gempuran irama ombak yang bersuara lembut memicu efek sentuhan batin mendalam. Lebih dari itu, warna biru pada laut mampu meningkatkan kreativitas.


2. Tempat Intropeksi

Selain pegunungan dengan suhu dingin dan hembusan anginnya, pantai juga dapat dijadikan tempat ideal intropeksi. Perasaan tertekan atau terbebani bisa lebih diatur sehingga jadi lebih cerdas mengatasi masalah.

Di pantai, seseorang mudah menyadari sebagai makhluk lemah dan kecil. Kegelisahan yang ada pada dirinya tak sebanding dengan apa yang dilihat. Luasnya masa depan yang remang belum tentu seluas samudera di depan tatapan.


3. Pemandangan Langka

Pemandangan kontras antara warna pasir dengan warna air laut menawarkan keindahan luar biasa. Terlebih pasir tersebut berwarna putih bersih. Semakin menciptakan titik bagus untuk berswafoto dengan latar belakang pantai.

Pasir pantai putih bersih (sumber gambar)


Awan dan langit di atas cakrawala lautan tak boleh diremehkan. Jangan hanya terpuaku pada sunset atau matahari terbenam. Meski diakui sunset dapat menciptakan suasana dramatis dan syahdu.


4. Murah

Di pulau Bali hampir seluruh pantainya gratis dan bebas diakses untuk siapapun. Adapun di tempat lain kadang hanya dikenai tarif biaya murah. Itupun dihitung perkendaraan. Jadi sekalian sama biaya parkirnya.


Kendati dihitung per kepala, umumnya biaya masuknya tidak tinggi. Masih kalah jauh dengan tarif lokasi wisata lainnya. Walau punya kesamaan cuma bisa melihat-lihat. Tidak menikmati wahana tertentu yang dikenai tiket khusus.


5. Kuliner Khas Laut

Ikan laut asap, bakar, atau dimasak dengan cara lain menjadi salah satu ciri khas kuliner pantai. Tentu ikannya lebih segar. Sebab, baru saja didapat langsung dari nelayan. Kualitasnya  berbeda dengan daerah yang jauh dari pantai. 


Menikmati kelapa muda di pantai tak kalah lezat pula. Lebih-lebih hasil petik langsung dari pohon kelapa khas pantai. Rasanya akan sedikit berbeda. Lantas duduk santai menikmati minuman dan santapan sambil melihat hal indah-indah.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI