5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

5 Kiat Bahagia Saat Liburan Mudik di Kampung Halaman

Dolanku.com - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang merantau baik itu kaum urban, pekerja, maupun pelajar umumnya sangat merindukan kegiatan mudik. Akan tetapi bagi sebagian lain tradisi tahunan tersebut dianggap memberatkan jiwa.


Mudik terkadang dilakukan bukan dari ketulusan hati. Melainkan paksaan lingkungan sosial. Baik oleh tetangga di perantauan maupun tetangga di kampung halaman. Kalau tidak mudik dianggap menyalahi budaya kental Indonesia.


Alhasil, barangkali mudik bukannya menimbulkan kebahagiaan justru melahirkan luka batin. Alih-alih memperoleh kesan indah tak terlupakan malah memberatkan langkah kaki untuk kembali lagi tahun depan.


Agar memperoleh bahagia saat liburan mudik ke kampung halaman berikut ini tipsnya:


1. Persiapkan

Mudik ke rumah orang tua jangan membawa tangan kosong. Siapkan oleh-oleh yang tepat untuk mereka. Lebih baik lagi persiapkan sejumlah uang untuk diberikan pada keponakan maupun anak kecil yang bertamu saat lebaran.


Persiapan dan perencanaan mudik sangat penting supaya saat di kampung tak merepotkan tuan rumah. Sebab, mungkin saja orang di sana tak cuma merindukan bertemu tubuh saudaranya tapi juga rindu oleh-oleh yang dibawa.


2. Amankan Rumah yang Ditinggalkan

Pastikan semua kondisi jaringan listrik, air, gas, hingga internet dalam keadaan aman sebelum ditinggal mudik. Kunci dan tutup rapat semua pintu, jendela, maupun celah tertentu. Selain menghindari maling juga mencegah hewan masuk.


Lapor pada tetangga yang tak mudik, ketua RT, maupun petugas keamanan lingkungan. Beri kontak ponsel kalau memang diperlukan. Serta beri nomor pelat kendaraan yang ditinggal di rumah. Jangan lupa simpan rapat barang berharga.


3. Miliki Niat dan Tujuan Mulia

Hindari menjadikan mudik sebagai ajang pamer, berseteru, berdebat, atau perbuatan tercela lainnya. Pada intinya atur dan jadikan kegiatan mudik sebagai hal menyenangkan. Ketika ada potensi yang menyebabkan suasana buruk segera dinetralkan.


Tujuan mudik adalah untuk mempererat hubungan kekerabatan serta memperkuat tali persaudaraan sesama umat Islam. Ucapkan permintaan maaf saat Idul Fitri dari hati terdalam. Bukan basa-basi. Tak ada yang menang dan kalah.


4. Buat Acara Meriah

Acara meriah bersama seluruh anggota keluarga sangat penting. Bisa dilakukan untuk semua kerabat yang sedang berkumpul atau cukup dilakukan bersama anak-anak kecil. Beri permainan atau kegiatan menggembirakan pada para bocah cilik tersebut.

Sumber gambar 


Acara makan bersama tentu tak boleh ditinggalkan. Intinya, hal-hal enak dan menyenangkan jangan dinikmati sendirian. Libatkan minimal 30% anggota keluarga yang sedang berkumpul di rumah tujuan mudik. Biar makin semarak lakukan sholat berjamaah.


5. Wisata Bersama

Berwisata bersama ke pantai, alam, atau lokasi manapun yang belum pernah dikunjungi juga penting. Tentu salah satu harus ada yang mengalah. Menjadi "donatur" terbesar atau malah membiayai seluruh kebutuhan wisata tersebut.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat