5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

Inilah 5 Tempat dan Cara Ngabuburit yang Menambah Pahala

Dolanku.com - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Bulan istimewa bagi umat Islam lantaran banyak peluang kemuliaan pahala di dalamnya yang bisa diraih. Sebuah kesempatan luar biasa yang bakal menimbulkan penyesalan tatkala diabaikan.

 

Baca juga: Manfaatkan Bulan Ramadan Seoptimal Mungkin Agar Panen Pahala dan Dapat Ampunan Dosa


Sungguh setiap detik di seluruh waktu bulan Ramadan sangat berharga. Eloknya tak boleh disia-siakan. Jangan samakan hari-hari di bulan puasa dengan hari di bulan biasa. Termasuk menggunakan waktu sore hari untuk ngabuburit yang bermuatan pahala. 


Ngabuburit tidak harus keluar rumah. Bukan pula sekadar demi membuang waktu secara percuma. Misalnya melalui hiburan. Sebab makna ngabuburit sangat umum dan luas. Yakni, berupa kegiatan mengisi waktu sambil menunggu waktu sore atau petang tiba.


Baca juga: Arti Ngabuburit, Ternyata Berasal dari Bahasa Daerah di Indonesia 


Lantas kenapa Ramadan menjadi momen spesial? Sebab waktu di siang dan malamnya mempercepat terkabulnya doa. Tak hanya itu di sana juga ada pelipatgandaan pahala. Lalu ada pula kesempatan besar dapat ampunan dosa. Serta ada peluang menjauhkan diri dari setan.


Berikut ini beberapa bentuk ngabuburit positif yang sebaiknya dilakukan:


1. Berbagi Takjil dan Menu Berbuka

Berbagi takjil dan menu utama buka puasa merupakan salah satu bentuk sedekah. Bagi-bagi takjil biasanya dilakukan di masjid, pondok pesantren, yayasan yatim dhuafa, maupun berbagi di pinggir jalan. Ini sekaligus menjadi syiar Islam.


2. Mengikuti Majelis Taklim

Menjadi peserta kajian keagamaan sangat bermanfaat. Selain menambah ilmu dan menguatkan iman juga mampu mempererat tali ukhuwah. Banyak kajian keagamaan yang ramah dan cocok untuk semua kalangan usia. Baik itu di Masjid, perkantoran, maupun rumah pribadi. 

(Sumber gambar)


3. Pergi ke Masjid

Di Masjid bisa melakukan iktikaf, zikir, baca al Quran, hingga mendengarkan ceramah. Kendati demikian, Masjid bukan cuma tempat ibadah. Di sana pengunjung dapat menghibur diri dengan menikmati fasilitas dan layanan yang disediakan.


4. Menonton TV di Rumah

Acara televisi yang ditonton tentu yang bermuatan nilai keagamaan. Bukan acara komedi dan sinetron yang justru bikin hati jadi keras. Tontonlah kisah inspiratif Islami, ceramah agama, serta hal-hal penting lain terkait kebaikan di bulan Ramadan. 


5. Bertemu dengan Kerabat dan Teman

Menjalin silaturahim dengan kerabat atau keluarga sangat dianjurkan dalam agama Islam. Begitu pula menjaga ikatan ukhuwah dengan sesama penganut Islam. Apalagi pertemuan tersebut disertai buka bersama. Bakal lebih semarak dan berkesan.


Tidak sekadar bertemu. Tentu yang dibicarakan dalam kegiatan tersebut menyangkut hal positif. Mampu berdampak baik bagi kehidupan selanjutnya. Bukan obrolan tanpa makna dan penuh kesia-sian. Sambil menunggu waktu azan maghrib berkumandang. 


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat