5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

5 Destinasi Wisata Syariah di Indonesia

Dolanku.com - Wisata halal atau wisata syariah merupakan konsep wisata ramah bagi umat Islam (Moslem friendly tourisme). Artinya, destinasi wisata tersebut mendukung aktivitas liburan tanpa perlu melanggar aturan agama. Setidaknya memudahkan dalam ibadah.


Wisata halal berbeda dengan wisata religi. Lebih lengkap silakan baca tulisan ini "Perbedaan Wisata Syariah dengan Wisata Religi". Dengan mengetahui perbedaan keduanya kalian tidak akan menjadi salah paham. Terutama bagi yang anti pada diksi halal dan syariah.


Berikut ini wisata syariah di Indonesia yang dianjurkan untuk dikunjungi:


1. Aceh

Selama ini Aceh di-framing (digambarkan) sebagai wilayah di Indonesia yang intoleran, melanggar HAM, dan diskriminatif. Padahal sudut pandang itu terlalu berlebihan. Masih banyak sekali daerah di Indonesia yang jauh lebih berbahaya dari Aceh.


Sebagai Daerah Istimewa yang berlaku otonomi khusus, membuat Provinsi Aceh berhak menerapkan syariat Islam. Tentu salah satunya dalam sektor wisata. Banyak sekali titik lokasi liburan yang ramah bagi umat Islam untuk berwisata.


2. Jakarta

Sebagai Ibu Kota negara mayoritas Islam, sungguh bukan hal mengherankan Jakarta disebut layak dikunjungi bagi turis dari kalangan Muslim. Tercatat di sana terdapat lebih dari 500 hotel bersertifikat halal. Serta puluhan hotel syariah.


Tentu Masjid sebagai tempat ibadah jumlahnya lebih banyak lagi. Setidaknya ada 7.500 Masjid. Terdapat pula minimal 20 situs heritage Islam. Disertai puluhan Moslem friendly attraction. Ditambah lagi untuk urusan umrah sering kali jamaah mampir dulu di Jakarta.


3. Lombok

Lombok dijuluki sebagai pulau seribu Masjid. Disebut begitu karena jumlah tempat Ibadah umat Islam sangat banyak. Totalnya lebih dari 8.000 Masjid. Didukung pula oleh peradaban Islami yang kental. Sebut saja banyak pesantren dan madrasah berdiri.


Lombok memiliki 60 restoran bersertifikat halal. Punya puluhan hotel bersertifikat halal.  Ditambah lagi mempunyai sejumlah even Islami, Moslem friendly attraction, situs heritage Islam, hingga paket tur wisata halal.

Logo Halal Tourisme Indonesia 


4. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki bandara internasional. Akses jalan yang banyak dan memadai. Dilengkapi dengan puluhan rute bus. Fasilitas transportasi tersebut disempurnakan dengan banyaknya area wisata yang ramah bagi pemeluk agama Islam.


5. Sumatera Barat

Keseriusan Sumatera Barat menggarap wisata syariah yaitu membangun tempat ibadah di sejumlah destinasi wisata. Tak cukup dengan itu, beberapa rumah makan juga dilakukan sertifikasi halal. Guna menjamin ketenangan pengunjung. 


6. Wilayah lain

Banyak kota di Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan lain-lain di Indonesia meski secara resmi belum berani mengusung model wisata halal tapi kenyataannya amat ramah bagi umat Islam.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat