Pentingnya Melakukan Perjalanan Umrah di Bulan Ramadan

Dolanku.com - Di hadis Bukhari disebutkan bahwa keutamaan melaksanakan umrah di Bulan Suci Ramadhan adalah pahalanya setara dengan ibadah haji. Namun, hal itu bukan berarti dapat menggugurkan kewajiban umat Islam melaksanakan haji.

 

Perjalanan atau safar dalam agama Islam punya nilai sendiri. Berhasil atau tidak capaian yang diinginkan, senyampang perjalanan itu punya niat baik tetap diganjar oleh Allah SWT. Jadi, rasa letih dan cemas di atas kendaraan tidak akan sia-sia.

Sumber gambar 

Tak perlu heran tatkala banyak umat muslim rela menyempatkan diri menjalankan ibadah umrah di Bulan Suci Ramadhan. Padahal jumlah jamaah di Masjid al Haram menumpuk dari pada biasanya sehingga makin sulit bergerak bebas.


Di hari lain saja itikaf, ibadah, atau perbuatan baik lain di Tanah Suci pahala dilipatgandakan. Apalagi di bulan puasa makin berlipat-lipat yang diterima. Bisa dibilang inilah momen terbatas untuk menanen pahala melimpah.


Beramal di waktu spesial dan lokasi yang khusus sungguh bisa jadi jalan pintas. Sebuah tindakan cerdas sebagai upaya minta ampunan, mendekatkan diri, dan memohon pada Allah SWT.


Biaya perjalanan umrah yang lebih mahal dari bulan lain tentu juga dihitung sebagai amal fi sabilillah. Derajatnya lebih tinggi ketimbang biaya umrah reguler. Sungguh beruntung memeluk Islam. Tak ada kesia-sian pada setiap tarikan nafasnya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam