Wisataku Seru di Sumber Sira Kecamatan Kepanjen Malang, Ini Puluhan Foto dan Videonya

Pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2021 aku ada urusan bisnis cukup penting di Kepanjen, Malang. Sudah mengatur janji bertemu pada beberapa hari sebelumnya. Di sana aku berjumpa dengan tim marketing dari sejumlah perusahaan.


Saat Jumat malamnya aku membuat rencana. Yakni, sekalian berwisata ke Sumber Sira. Satu arah dan sekali jalan untuk refreshing di akhir pekan. Apalagi lokasinya cukup dekat dengan tempat meeting yang berharga tersebut.


[Peta Lokasi Sumber Sira, Silakan Klik Gambar ini]


Beruntung saja aku bawa sepeda motor. Ternyata lokasi Sumber Sira cukup masuk dalam. Harus telusuri beberapa jalan kecil. Kemudian masuk lagi ke jalan yang lebih sempit. Sekadar papasan sesama mobil sangat sulit. Mepet sekali.


Tak hanya itu, posisi kawasan wisata Sumber Sira terletak di cekungan. Alhasil, menuju ke sana harus menuruni jalan yang curam. Panjangnya sekitar 50-100 meter. Orang yang jarang olah raga maupun sepuh bakal terengah-engah ketika naik.


Suasana di sana sangat sejuk. Hawa segarnya campuran dari udara persawahan di dekatnya, dinginnya air kolam, dan rindangnya pohon. Bagi kalian yang butuh suasana asri dan hijau, Sumber Sira bisa dijadikan tempat meneduhkan jiwa.


Tanaman rumput air tawar atau ganggang sejenis hydrilla di mata air Sumber Sira sebagai penjernih air


Masalah kualitas air dan kebersihan  lingkungan tak perlu dirisaukan. Kondisi airnya teramat jernih. Sebab sumber mata airnya sangat besar dan cukup banyak. Aliran buangan airnya deras. Ada aturan ketat tak boleh buang sampah sembarangan.


Video sumber mata air yang deras

Bagi kamu yang membawa anak kecil tidak perlu takut tentang kedalaman kolam. Guna mengatasinya, sewalah ban pelampung seharga 3000 rupiah. Di sana juga ada wahana bermain bocil, pusat kuliner, toilet, dan pos informasi.


Tak perlu khawatir masalah biaya masukknya. Tarifnya sudah terkenal murah yaitu 1000 rupiah per kepala. Bagi yang takut kedalaman kolam, kamu dapat menyewa ban pelampung. Sedang restribusi parkir sepeda motor cuma dua ribu.


Jalan utama menuju Sumber Sira


Jalan alternatif menuju Sumber Sira


Air persawahan mepet Sumber Sira












Pepohonan Rindang

Suangi pembuangan air Sumber Sira sangat besar








Salah satu wahanana bermain anak-anak


Pusat kuliner lesehan




Tanjakan ekstrim untuk keluar dari Sumber Sira

Wahana bermain anak-anak


Tama di area wisata Sumber Sira









Pos pusat informasi











Disclaimer: Foto dan video di atas aku ambil sendiri pada tanggal 13 Februari 2021. Menggunakan kamera ponsel milikku sendiri. 


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI