5 Kelebihan Berwisata di Sungai


Tidak semua sungai kotor, sempit, dan tak cocok jadi tempat wisata. Ada beberapa di antara yang berhasil diubah oleh pemerintah daerah maupun pendudukan sekitar menjadi destinasi hiburan. Tak cuma enak dipandang tapi juga bisa diceburi.


Tak sedikit kota di Indonesia yang menjadikan sungai sebagai salah satu icon wisata. Sebut saja seperti sungai Musi di Palembang, sungai Mahakam di Kalimantan Timur, sungai Cukang Taneuh di Pangandaran, dan  lain-lain.


Sejumlah jenis wisata sungai punya kelebihan masing-masing. Ada yang mengandalkan susur sungai menggunakan perahu, ada yang menyuguhkan pemandangan alam beserta jembatan indah, hingga ada pula taman di pinggiran sungai.

Jembatan Ampera Palembang (sumber gambar)


1. Tempat Berenang yang Seru

Arus deras sungai dapat memacu adrenalin saat dijadikan tempat berenang. Sensasinya lebih seru ketimbang berenang di air yang tenang. Akan tetapi pastikan dahulu bahwa wisata renang di sungai itu resmi, aman, bersih, dan nyaman.


2. Tempat Memancing

Bagi sebagian orang, memancing merupakan kegiatan hiburan yang tak tergantikan. Apalagi ketika dilakukan bersama keluarga. Orang tua dan anak saling bekerja sama mendapat ikan. Lalu setelah itu tangkapan dimasak bersama.


3. Arum Jeram

Pengalaman arum jeram bersama teman kantor, teman kuliah, maupun anggota keluarga dijamin bikin tambah kompak. Dibutuhkan kerja sama tim yang solid untuk mengemudikan dan mengendalikan perahu karet di tengah derasnya arus.


4. Susur Sungai

Menelusuri sungai merupakan petualang yang tak bisa dipandang remeh. Ada banyak hal yang dapat ditemukan di sepanjang jalur. Namun, pastikan dalam kegiatan tersebut ada pemandu profesional. Disarankan pada saat musim kemarau.


5. Refreshing di Tepi Sungai

Menikmati panorama sungai sambil menyantap makanan lezat di bantaran terasa nikmat. Kadang tak perlu sambil berkuliner. Ada taman yang luasnya memadai disertai fasilitas lengkap bakal menjadikan taman itu lebih ramai dari taman lain.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang