5 Kelebihan Berwisata di Hutan

Hutan alami maupun buatan merupakan salah satu jenis tempat wisata. Selain mampu memberikan udara segar dan suasana asri, tak sedikit pula hutan pamer keindahan alam. Ia membuat manusia merasa dekat dengan habitat aslinya.


Sayangnya, tidak semua hutan dapat dijadikan tempat wisata. Bukan cuma karena jalan aksesnya yang sulit. Lebih dari itu, barangkali hutan tersebut berstatus dilindungi. Akibatnya, hanya orang tertentu yang dapat memasukinya.


Untuk itu lebih baik kunjungilah pohon belantara yang sudah jelas statusnya sebagai hutan wisata. Ada petugas, penjaga, dan penanggung jawabnya secara resmi. Konsekuensinya tentu harus membayar kontribusi alias tiket.


Berikut 5 manfaat berwisata di hutan:

1. Berkemah

Bumi perkemahan umumnya terletak di hutan. Setidak-tidaknya berada di pinggiran hutan. Kalau kalian punya nyali, ada pemandu yang ahli, serta ada beberapa teman tak ada salahnya berkemah di hutan pegunungan.


Sensasi berkemah di hutan sangat berbeda dengan berkemah di taman, lapangan, halaman, atau tempat-tempat buatan manusia lain. Suara nyanyian alam, dinginnya udara saat malam, hingga keheningan dapat membuat hati terbersihkan.


2. Menumbuhkan Cinta pada Alam

Hutan adalah paru-paru dunia. Ia menjadi pusat ekosistem hayati (flora dan fauna) paling lengkap. Penebangan pepohonan pada sejumlah hutan di Amazon, Afrika, sampai Indonesia berkontribusi pada pemanasan global.

Ilustrasi wisata hutan di Kalimantan (sumber gambar)


Dengan berwisata di hutan, manusia akan tahu betapa berharganya dunia rimba. Merasakan perbedaan saat berada di hutan dengan tinggal di pemukinan padat. Menjadi sadar bahwa ia harus senantiasa dicintai, dijaga, dan dilestarikan.


3. Menjelajah dan Berpetualang

Jiwa petualang kadang ada pada seseorang. Sudah menjadi bawaan dari bayi. Namun, karena sejak kecil tidak diasah atau tidak dibiasakan menjelajah berakibat pada matinya potensi dalam diri. Tatkala dicoba, ia bagaikan menemukan jati dirinya.


Tidak ada salahnya sesekali mengadakan penjelajahan di hutan. Tentu harus dipandu oleh orang ahli. Kalian juga dapat mengikuti paket wisata jelajah hutan yang diadakan oleh penyelenggara profesional. Biar lebih nyaman dan aman.


4. Edukasi

Hutan bisa menjadi teman pembelajaran langsung bagi peserta didik. Tidak cuma terkait tanaman tetapi pula binatang yang ada di dalamnya. Serta ilmu pengetahuan tentang pembudidayaan makhluk hidup di sana.


5. Lokasi ideal Menenangkan Diri

Pilihan tempat menyendiri untuk ketenangan jiwa biasanya dilakukan di daerah sepi. Vila, hotel, atau penginapan  terkadang dibangun di tengah rerimbunan pepohonan. Jauh dari keramaian. Tujuannya agar terbebas dari semua jenis polusi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang