19 Macam Tempat Wisata, Mulai dari Pantai hingga Danau

Beberapa orang bilang, yang namanya tempat wisata ya itu-itu saja. Di pikiran mereka yang disebut bertamasya itu harus alami. Bukan buatan atau rekayasa dari manusia. Kalau karya manusia itu bukan wisata tapi disebut hiburan.


Bukankah tujuan utama berwisata adalah menghilangkan kepenatan. Jadi di mana pun dan kapan pun ketika orang merasa bisa rileks, terhibur, dan terkagum terhadap sesuatu itulah yang disebut wisata. Tak harus yang mahal dan jauh.


Agar pikiran tak sempit. Serta rekomendasi atau pandangan tentang jenis tempat wisata tidak sedikit, bacalah macam-macam tempat wisata berikut.


1. Pantai

Bagi penduduk sekitar pantai, deru ombak tepi laut merupakan hal lumrah. Akan tetapi kebanyakan orang menyebut pantai selalu identik dengan tepat wisata. Di tambah lagi tatkala pantai itu dilengkapi jenis hiburan lain.


2. Sungai

Sungai yang jernih, mengeluarkan suara gemercik yang merdu, dan dikelilingi oleh pepohonan rindang sangat ideal jadi tempat wisata. Tentu itu saja tak cukup. Mesti ditambahi adanya kolam ikan air tawar berhabitat air bersih.

Wisata di bawah laut (sumber gambar)

3. Laut

Naik perahu motor, perahu layar, kapal very, terlebih kapal pesiar bakal jadi pengalaman tak terlupa. Memandang ujung laut di cakrawala. Menikmati tenggelamnya matahari. Serta mungkin menyelam untuk menelusuri bawah laut.


4. Peninggalan Kuno

Fosil binatang purba, candi, benteng kerajaan zaman dulu, Masjid, keraton, makam, gua tempat tinggal manusia purba, dan situs purbakala lain merupakan tempat wisata yang tak kalah menarik. Ke sana seperti masuk mesin waktu.


5. Hutan

Sebagian orang barangkali menganggap hutan merupakan tempat menyeramkan. Banyak serangga, binatang buas, dan suara alam yang bikin merinding. Namun, ketika lokasi wisatanya di hutan bagian pinggir mungkin berbeda cerita.


6. Pedesaan

Bagi orang kota lingkungan perkampungan dapat jadi pemandangan yang menakjubkan. Merasa mendapat wawasan baru. Terlebih lagi di sana kondisinya asri, bersih, masyarakat ramah, dan aksesnya gampang.

7. Perkotaan

Orang desa mengunjungi kota sudah jadi hiburan tersendiri. Apalagi bagi mereka yang sepanjang hidupnya tinggal di lingkungan desa. Tak pernah melihat gedung tinggi secara langsung maupun mobil-mobil mewah banyak berseliweran.


8. Air Terjun

Wisata air terjun sekarang sangat berbeda. Dahulu orang terbiasa mandi di bawah terpaan jatuhnya air. Setidaknya berendam di kolam sekitar atau di sungainya. Kini air terjun hanya bisa dilihat karena khawatir airnya tidak steril.


9. Perkebunan

Wisata petik apel, petik jeruk, petik strawbery, atau bernuansa perkebunan lain mulai populer. Ada kepuasan batin saat bisa memetik buah dengan sendiri. Kendati bukan wisata petik buah, memandang perkebunan sudah cukup menyegarkan mata.


10. Taman

Taman kota, taman hotel yang luas, dan jenis taman lainnya dapat dijadikan tempat meneduhkan panasnya hati. Secara psikologis tanaman hijau dapat menenangkan jiwa. Apalagi bentuk dan kesehatannya terawat, makin tambah segar.


11. Alun-alun

Hampir seperti taman, alun-alun juga memiliki efek yang mirip pula. Bedanya kalau di alun-alun biasanya dekat dengan Masjid Agung. Kamu dapat mengunjunginya untuk menikmati arsitektur dan sejuknya hawa di dalam.


12. Pujasera

Pusat jajan serba ada atau pujasera (food court) mampu jadi tempat wisata. Lebih-lebih tatkala malam hari dihiasi indahnya gemerlap lampu nan apik. Suasana ramai di sana juga dapat membuat nyaman karena tak merasa sendiri.


13. Kolam Renang

Kolam renang maupun kolam sumber mata air alami dapat dijadikan tempat wisata. Berenang di dalamnya tak hanya membuat otak refresh tapi menjadikan pula tubuh sehat. Berenanglah bersama teman supaya makin asyik.


14. Pegunungan

Hembusan angin gunung, dalamnya jurang, dan indahnya persawahan teras iring menimbulkan sensasi seru. Wilayah perbukitan seringkali di bangun villa. Kamu dapat menginap atau malah camping di alam terbuka di sana.


15. Kebun Binatang

Kebun binatang adalah tempat wisata sejuta umat. Taman kanak-kanak di era dulu tujuan utama rekreasinya ke kebun binatang. Kalau tidak di sana rasanya ada yang kurang. Memang kebun binatang dulu sangat cocok untuk para bocil.


16. Pusat Perbelanjaan

Tidak harus mall atau deretan toko berkelas atas di pinggir jalan. Kamu dapat mengunjungi pasar malam, pasar kaget, atau pun pasar tradisional. Suasana ramai, orang lalu lalang, dan hiruk pikuk dapat mengobati kesepian hati.


17. Museum

Macam-macam museum sangat beraneka ragam. Mulai dari museum transportasi, militer, agama, arkeologi, biologi, etnologi, seni, biografi, sejarah, purbakala, dan lain-lain. Makin ke sini makin aneh saja koleksi simpanan musium.


18. Kampung Halaman

Bagi para perantau, salah satu hal yang paling dirindukan ialah kampung halaman. Saking kangennya bahkan berwisata di tempat lain belum mampu membuka sempitnya dada. Jalan satu-satunya untuk menghibur yaitu pulang kampung.


19. Danau

Danau alami maupun waduk untuk PLTA dapat menyuguhkan hamparan air yang luas. Bagi yang enggan ke pantai, danau bisa menjadi solusi. Terlebih biasanya banyak nelayan yang menjajakan hasil tangkapan ikan air tawar.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang