3 Kelebihan Berwisata di Situs Peninggalan Kuno

Wisata peninggalan peradaban kuno tak begitu dilirik oleh generasi muda. Kalaupun ada tempat wisata yang mereka kunjungi pasti namanya sudah besar, dikelola dengan baik, dan terkenal. Serta dijadikan tujuan studi tour sekolah.


Sebenarnya potensi wisata budaya situs sejarah di Indonesia sangat besar. Sejumlah temuan baru peninggalan nenek moyang telah berjamuran pada beberapa tempat. Sebagian masih dipugar. Sedang yang lain belum jelas nasibnya.


Padahal dengan berwisata di tempat situs bersejarah memiliki sejumlah manfaat. Paling tidak minimal ada 3 yang di antaranya sebagai berikut. 


1. Pembelajaran Sejarah

Membaca, mendengar, dan melihat gambar saja tak akan pernah cukup dalam menjelaskan kehidupan masa lalu. Guna mendapatkan "rasa" yang mendalam, pelajar mesti terjun langsung ke pusat peninggalan kuno.


Berwisata di situs peninggalan kuno menjadi salah satu cara terbaik dalam belajar sejarah. Siswa dapat langsung merasakan sendiri bagaimana betapa eloknya peninggalan manusia zaman dulu.

Goa Gajah, situs peninggalan kuno di Bali (sumber gambar)


2. Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

Bagaimana anak dapat mencintai tanah air apabila ia tak tahu dengan mata kepala sendiri tentang sejarah leluhurnya. Dengan berkunjung langsung pada peninggalan sejarah, membuat anak menjadi lebih dekat. Seperti ada hubungan.


Bagaimana generasi penerus mau mencintai negeri sendiri dengan sempurna kalau mereka tidak memahami sejarah bangsanya. Berdirinya negara Indonesia sekarang, tak lepas dari proses sejarah yang panjang dari masa lalu.


3. Melestarikan Peninggalan

Dengan mengunjungi situs peninggalan kuno secara tidak langsung ikut menjaga kelestariannya. Apalagi disertai dengan berswafoto (selfi) di sana untuk ikut mempromosikan. Dengan begitu bakal jadi lebih banyak pengunjungnya.


Lokasi wisata yang banyak pengunjung membuat pemasukan makin meningkat. Anggaran untuk merawat, menjaga, dan melestarikan juga jadi lebih membengkak. Walaupun biaya masuk gratis, pengunjung yang banyak bakal jadi semangat tersendiri.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

5 Kelebihan Berwisata di Pantai

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang