5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

Tips Aman dan Nyaman Naik Pesawat Agar Saat Turbulensi Tak Terluka

Dolanku.com - Turbulensi adalah perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Selain itu, goyangan pesawat juga bisa disebabkan oleh sayap yang "menabrak" awan.


Pada umumnya turbulensi tidak berbahaya dan tak perlu dicemaskan bagi penerbangan. Sangat jarang terjadi turbulensi yang menyebabkan luka maupun malah berakibat kematian. Kendati demikian, tidak ada salahnya tetap berhati-hati.


Penerapan kaidah tentang mencegah lebih baik dari mengobati senantiasa berlaku di mana saja. Daripada menyesal lebih baik sedari awal sudah membiasakan diri menerapkan protokol keselamatan saat naik pesawat.


Wajar saja seseorang khawatir naik pesawat terbang. Alih-alih menikmati pemandangan di atas langit dan awan, yang ada justru deg-degan. Nah, agar rasa gelisah tatkala di ketinggian bisa reda serta aman saat ada turbulensi keras lakukanlah tips berikut ini.


Pilihlah kursi penumpang yang letaknya tepat di sebelah jendela. Risikonya, tempat duduk tersebut memang agak merepotkan ketika minta izin ke penumpang sebelah untuk ke toilet serta ingin minta sesuatu ke pramugari.

Sumber gambar 


Adapun kelebihan memilih duduk di sebelah kaca jendela pesawat yaitu dapat melihat pemandangan nan jauh di bawah. Serta tentunya mata bisa puas menikmati gumpalan awan putih yang berjejer dan bertumpuk-tumpuk.


Hati gundah dapat berkurang dengan rileksasi view mempesona. Keuntungan lain yaitu waktu terjadi turbulensi hebat risiko kepala kejatuhan koper atau barang bawaan lain dari bagasi di atas kabin menjadi kecil.


Sayangnya, posisi duduk saja tak cukup aman. Memakai sabuk pengaman hingga benar-benar "klik" atau rapat juga penting. Tanpa memakai sabuk malah membuat bagian tubuh terbentur ke dinding samping pesawat.


Jangan lupa sebaiknya pilihlah kursi yang paling depan. Sebab, di sana kerapkali tersedia ruang kosong di sisi depannya. Selain itu, penumpang juga bisa leluasa memanggil pramugari saat memerlukan sesuatu. 

Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat