Alasan Penampilan Penumpang Saat di Bandara Lebih Menarik Daripada di Tempat Lain

Dolanku.com - Kerapkali seseorang menilai tampilan manusia lain secara subjektif. Ditentukan berdasarkan pengalaman pribadi serta dibandingkan dengan keumuman masyarakat.


Sebenarnya, tanpa disadari suatu penampilan bisa tampak berbeda nilai estetiknya tatkala berada di tempat tertentu. Misalnya ketika di area bandara suatu busana bisa terlihat menarik ketimbang di mall.


Orang-orang di bandara ataupun dalam kabin pesawat penampilannya jauh lebih keren karena faktor misteri. Lokasi di sana bisa memunculkan aura berbeda disebabkan adanya fenomena "airpot hot".


Ketertarikan sebagian penumpang kepada yang lainnya sejatinya dipengaruhi asumsi mereka sendiri. Ditambah ada rasa penuh tanya dalam diri tentang dari mana dia dan mau terbang ke mana.


Sifat penasaran itu dilanjutkan dengan mengapa dia memakai pakaian seperti itu. Apakah alasan memilih gaya busana itu untuk alasan berwisata, bekerja, bisnis, atau keperluan lain. 

Calon jamaah haji saat di bandara internasional (sumber gambar)


Penyebab berikutnya seseorang bisa muncul rasa tertarik pada penumpang di sekitarnya yaitu adanya simpati dan empati. Perasaan saling memahami dalam situasi penuh bosan, buru-buru, lelah, antusias, atau yang lainnya.


Sebaliknya, ada juga perasaan terkesima dengan tampilan orang lain saat di bandara dikarenakan rasa minder. Merasa dirinya jauh lebih miskin, kotor, jelek, dan bodoh ketimbang orang yang dilihat.


Sebagaimana diketahui, di bandara besar umumnya beraneka ragam jenis penumpang. Bahkan, multi etnis dan mancanegara. Jauh lebih kompleks dibandingkan terminal, stasiun, maupun pelabuhan. 


Itulah mengapa terkadang di hati kalian tiba-tiba muncul ketertarikan dan merasa respect atas gaya hidup orang lain tatkala di bandara. Kalau sudah terbiasa pasti semua bakal tampak tak terlalu beda.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam