Manfaat Menikmati Suara dan Suasana Alam Bagi Kesehatan Jiwa

Dolanku.com - Suasana dan suara alam terkadang bikin rindu. Malah, memperoleh pelukan alam merupakan kebutuhan tersendiri bagi individu tertentu. Hal itu wajar, lantaran secara fitrah (bawaan) didapati bahwa kehidupan manusia dari zaman nenek moyang dulu sudah terbiasa dengan pola hidup alami.


Tidak seperti sekarang, terutama bagi orang kota, yang hampir semua dikelilingi oleh bangunan dan kendaraan. Bahkan, melihat tanah pun kesulitan. Kecuali, tanah hasil penggalian. Begitu pula tentang alam hijau rindang. Makin susah lagi ditemukan yang alami. 


Termasuk hutan hijau pun, tumbuhannya ternyata hasil proses penanaman oleh manusia. Nahasnya, sebagian dari alam hijau itu dikembangbiangkan bukan bertujuan untuk melestarikan keseimbangan ekosistem. Melainkan demi mengeruk uang saat panen tiba. 


Sebagaimana banyak diketahui, suasana alam hijau dapat menjadi metode "terapi hijau" yang ampuh. Apalagi diimbuhi oleh suara alam, semakin bertambah bagus bagi kesehatan jiwa. Di mana, terapi suara alam tersebut mampu menambah rileks tubuh.


Baca juga Melakukan Terapi Hijau Guna Menghilangkan Kepenatan Batin


Suara alam yang dimaksud dalam artikel ini yaitu meliputi hembusan angin, kicauan burung, gemercik air terjun, aliran sungai, dan bentuk pendengaran alami lainnya yang terjadi tanpa campur tangan manusia. Kombinasi semua itu yang dinikmati secara langsung, bukan dari video atau televisi, bermanfaat bagi mental setiap insan.

Video menikmati suara alam di depan rumah

Tatkala berada di suasana alami lantas menikmati suaranya, bakal membuat seseorang menjadi tenang. Lebih dari itu, juga bisa mengatasi depresi ringan hingga membikin suasana hati menjadi lebih terkendali dari sebelumnya. Alhasil, mampu mendekatkan manusia pada naluri aslinya.


Bagaimanapun, harmonitas hubungan manusia dengan alam harus tetap terjaga. Seperti halnya alam melalui kehendak Maha Pencipta telah menjaga dan memberikan kehidupan pada manusia. Maknanya ialah mengingkari suasana alami, sama saja menistakan ciptaan indah dari Maha Pengasih.


Dapat dikatakan, suara alam beserta suasananya yang didatangi insan menjadi solusi bagi siapapun yang telah bosan mendengarkan musik atau pun suara-suara menghibur lainnya. Salah satu alasan nada dan irama alami bikin rindu karena terjadi secara spontan. Ditambah, tanpa ada pengulangan layaknya rekaman video.


Hal yang bikin beda selanjutnya antara suara alam dengan suara buatan manusia adalah perbedaan tipe suara yang dihasilkan pada waktu-waktu tertentu. Suara alam di pagi, siang, sore, dan malam tentulah masing-masing punya ciri khas tersendiri. Seakan nyanyian alam mengetahui cara menghibur dan menemani manusia. 


Suara pagi dan siang menumbuhkan harapan dan semangat. Sedangkan lantunan alam di sore hari mengisyaratkan untuk segera kembali berkumpul lagi bersama keluarga. Adapun nada alam di malam hari menghantarkan manusia istirahat tertidur lelap. Silakan buktikan sendiri hidup bersama alam. Setidaknya berdurasi 7 hari.


Komentar