Bulan Ramadan Waktunya "Liburan" ke Masjid untuk Ketenangan Jiwa

Dolanku.com - Bagi sebagian orang bulan Ramadan dianggap sebagai sesuatu peristiwa yang penuh beban. Mengira kedatangannya telah membuat umat Islam tak bisa lagi menghibur diri. Sebagai upaya menggapai ketenangan hati.


Bagaimanapun, ketentraman jiwa merupakan kebutuhan pokok manusia. Sayangnya, untuk memperoleh itu banyak yang pilih jalan salah dalam menempuhnya. Misalnya melakukan liburan yang justru mengarah pada dosa dan kesia-sian.


Mengira untuk mengatasi rumitnya hidup, lelahnya pikiran, dan penat hati perlu berbuat maksiat. Misalnya berjudi, zina, mabuk, narkoba, atau perbuatan semacamnya. Sungguh liburan yang seperti itu justru bikin penyesalan.


Adapun berlibur ke Masjid akan lain ceritanya. Tujuan ke sana bukan cuma menikmati indahnya bangunan serta fasilitas di dalamnya. Malahan yang lebih utama yaitu menikmati kebersamaan jamaahnya. Apalagi tatkala kegiatan Masjid tersebut dihidupkan.

Sumber gambar 


Memilih Masjid Tepat untuk Liburan di Bulan Ramadan

Pilihlah Masjid yang betul-betul menunjang untuk kegiatan Ramadan secara berkualitas. Bukan justru hanya dijadikan tempat buang-buang waktu tanpa manfaat. Sebab, Masjid justru dijadikan tempat obrolan warung kopi yang diselengi guyonan penuh tawa.


Masjid yang berkah adalah yang meneduhkan hati. Bikin kangen jamaah untuk datang kembali. Betah berlama-lama di sana walau pun tak bawa ponsel. Membuat jamaah nyaman beritikaf, mengaji al Quran, ikut kajian, hingga salat berjamaah.


Percayalah ketenangan jiwa bakal digapai tatkala sebulan penuh Ramadan sering "liburan" di Masjid yang tepat. Di bulan puasa itu lebih banyaklah berada di Masjid. Kurangi kegiatan lain. Fokuskan diri di Masjid bersama komunitas di dalamnya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Arti Kata "Dolanku", Ternyata Ada di KBBI

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Macam Wisata Religi dalam Agama Islam