5 Penyebab Turbulensi Pesawat

Gambar
Dolanku.com - Turbulensi adalah  perubahan arah, tekanan, dan suhu pada udara secara tiba-tiba yang menyebabkan goncangan atau getaran pada pesawat. Goyangan pesawat tersebut kadang terasa mencekam.

Inilah Pengertian dan Syarat Motovlog yang Benar, Bukan Cuma Kamera dan Sepeda Motor

Dolanku.com - Motovlog berasal dari kata moto dan vlog. Moto artinya sepeda motor. Vlog artinya video logging (log video). Di mana definisi video logging adalah proses perekaman video yang disajikan, diberi label, dan dikasih judul sesuai dengan isinya secara apa adanya.


Ada juga yang menyatakan bahwa vlog atau vlogging merupakan singkatan kata dari video blogging (blog video). Yakni, sebuah kegiatan nge-blog yang menyertakan video menggunakan kamera non profesional di dalam teks artikel.

Berbeda dengan video logging. Pengertian video blogging lebih fleksibel dari sisi proses perekamannya. Video blog tidak harus dibuat dan disajikan utuh tanpa potongan (edit). Bisa juga dari kumpulan kepingan rekaman yang ditambahi audio.


Sebagai jalan tengah dapat disimpulkan bahwa motovlog adalah jenis video yang direkam pengendara saat di atas sepeda motor. Tanpa menekankan jenis sepeda motor apa yang dipakai, kamera, cara merekam, dan pengeditannya.


Kamera yang digunakan di kala motovlog tidak harus khusus (kamera aksi). Menggunakan kamera ponsel, senyampang tampilan gambarnya dapat dinikmati, juga termasuk bagian motovlog. Begitu pula tak pandang sepeda motornya.


Syarat Suatu Video Dikatakan Motovlog

Suatu video dikatakan sebagai motovlog ketika memenuhi syarat berikut:


1. Menggunakan Kamera. Tidak harus kamera aksi (action cam). Kamera apapun termasuk kamera ponsel juga bisa digunakan.


2. Menggunakan Sepeda Motor. Tak ada standar mesti motor sport fairing dengan kapasitas mesin minimal 250 cc. Motor matic kecil dan motor bebek juga dapat digunakan.


3. Perekaman Dilakukan di Atas Sepeda Motor Berjalan. Durasi merekam sepeda motor harus lebih dominan tatkala berjalan. Ketika berhenti maupun berdiri atau berjalan di sekitar motor durasinya harus sedikit sekali.


4. Pengeditan Video. Motovlog yang murni disajikan apa adanya tanpa melakukan pengeditan secuil pun walau cuma audionya. Sedangkan motovlog yang diedit sewajarnya juga masih dimaklumi.


5. Lokasi dan Waktu Perekaman. Dalam satu putaran atau sajian video sebuah motovlog mestinya direkam dalam satu waktu pengambilan video. Bukan kumpulan kepingin video yang diambil dari beberapa waktu lama. Begitu pula lokasinya harus satu jalur dari awal hingga akhir video. Bukan berbeda tempat yang jauh.


Inilah contoh Motovlog yang disajikan apa adanya.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

5 Perbedaan Tour Leader dengan Tour Guide

Berwisata Ria di Lapangan Rampal Kota Malang

5 Manfaat Berwisata di Air Terjun

5 Penyebab Turbulensi Pesawat