Terbaru · Info · Kebahagiaan · Destinasi · Penginapan · Berita · Opiniku · Wisataku · Kendaraan · Wisata Religi · Privacy Policy · Daftar isi · Tentang Kami ·

7 Manfaat Jalan Tol Trans-Jawa yang Sudah Terbukti Nyata

 Jalan tol trans-jawa adalah sebuah jaringan jalur bebas hambatan yang menghubungkan kota-kota di pulau jawa yang membentang antara ujung barat pulau jawa di pelabuhan Merak daerah Cilegon hingga ujung timurnya di pelabuhan Ketapang wilayah Banyuwangi. Di mana, secara teknis tol tersebut belum tersambung secara penuh sehingga bisa dibilang masih proses perampungan.

Perlu diketahui, tol trans-jawa memiliki banyak cabang-cabang yang alur percabangannya menuju kota-kota lain yang tidak dilalui oleh jalur tol trans-jawa. Mayoritas arah percabangan tol trans-jawa menuju sisi bagian selatan. Hal itu wajar, lantaran faktanya bentangan jalan tol trans-jawa sebagian besar di daerah utara pulau jawa yang disebut pantai utara (pantura).

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Jalan Tol ini Merupakan Terbaik di Jawa Timur

Dari dimulainya pembangunan jaringan tol di pulau jawa secara besar-besaran pada sekitar tahun 2015 hingga sekarang ini, telah terbukti nyata bahwa tol trans-jawa memiliki banyak manfaat. Barang kali, bagi sebagian kalangan tarif masuk tol tergolong mahal. Namun, bagi sebagian lainnya tetap sangat menguntungkan secara finansial maupun non finansial dibanding tidak melewati jalan tol.

Di antara sejumlah manfaat tol trans jawa adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Transportasi bagi Tokoh Agama

Kegiatan keagamaan antar kota di pulau jawa menjadi semarak salah satunya karena transportasi yang lancar. Bukan cuma para tokoh agama yang begitu mudah dalam mobilisasi, para jamaah atau peserta acara keagamaan juga menjadi sat set alias gesit. Bayangkan, kalau mengandalkan jalan non tol tentu hal tersebut bakal mengorbankan lebih banyak waktu maupun tenaga.

2. Menunjang Perjalanan Wisata Jarak Jauh

Wisatawan rombongan yang hendak menuju ke daerah jawa bagian timur ataupun ke pulau bali biasanya memilih naik bus besar. Nah, tentunya hampir dipastikan bakal melewati jalur tol trans-jawa. Baik itu dilakukan secara penuh maupun diterapkan secara pilih-pilih menyesuaikan dengan situasi kepadatan lalu lintas, cuaca, maupun bentuk ancaman tertentu.

3. Membantu Urusan Bisnis atau Usaha Skala Besar

Para bos, juragan, atau petinggi tempat bisnis kelas kakap umumnya lebih mengutamakan kecepatan dan kenyamanan. Tentunya, dibanding menggunakan pesawat yang kadang justru membuat ribet akhirnya dipilihlah berkendara dengan mobil pribadi melalui jalan tol. Bahkan, kendaraan truk besar dan truk box milik perusahaan pun tak menutup kemungkinan dilewatkan tol trans jawa.

4. Menjadi Trayek Baru Bus Umum

Keadaan wisata pendidikan seperti Kampung Inggris di Kabupaten Kediri yang menjadi lebih ramai, salah satu faktor penentunya ditunjang oleh keberadaan jalan tol trans jawa. Hal itu, lantaran untuk menuju lokasi ke daerah Kediri menjadi lebih mudah dan cepat. Cukup naik bus umum, terutama bus PATAS, yang melintasi tol trans-jawa sudah tidak perlu khawatir harus banyak berhenti dulu di titik-titik tertentu.

5. Mengurangi Kemacetan

Mungkin banyak kendaraan pribadi, truk besar, atau model kendaraan lain tidak memungkinkan masuk jalan tol karena biayanya dianggap mahal serta jaraknya yang justru semakin jauh. Namun, setidaknya dengan adanya jalan tol membuat volume kendaraan di jalan raya yang biasa mereka gunakan jauh lebih berkurang. Utamanya untuk daerah sekitaran pantura dan jalan arteri yang padat.

6. Menghubungkan Kota-kota Besar di Pulau Jawa

Jarak antara Kota Jakarta menuju Surabaya sesudah adanya tol trans-jawa seolah-olah menjadi terasa sangat dekat. Zaman sebelum itu, banyak orang yang enggan berkendara lintas kota dengan jarak jauh di pulau jawa dengan berbagai alasan. Sebut saja misalnya khawatir terkena macet, malas melewati jalan rusak, takut terkena korban kejahatan, terkena pungli (pungutan liar) oleh warga lokal, dan lain-lain.

7. Menjadi Daya Tarik Wisata

Hanya dengan memasuki atau berkendara di atas jalan tol sudah disebut kegiatan wisata oleh sebagian masyarakat. Maksudnya, cukup bolak-balik atau mondar-mandir di jalur tol dan tentunya masuk rest area kategori besar merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Selengkapnya baca Wisata Jalan Tol, Keluar Kota Cuma Ingin Menapaki Aspal Jalan Bebas Hambatan.

[DolanKu/16/05/24]

Ilustrasi jalan tol (sumber Pixabay.com/ wurliburli)






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "7 Manfaat Jalan Tol Trans-Jawa yang Sudah Terbukti Nyata"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di Dolanku.com