Terbaru · Info · Kebahagiaan · Destinasi · Penginapan · Berita · Opiniku · Wisataku · Kendaraan · Wisata Religi · Privacy Policy · Daftar isi · Tentang Kami ·

5 Peristiwa tidak Terduga di Jalan Tol yang Jarang Terjadi tetapi Membahayakan

Dolanku.com - Jangan samakan model atau gaya berkendara antara di jalan tol dengan di jalur lalu lintas kendaraan non tol. Bagaimanapun, berkendara di jalan tol butuh pembiasaan terlebih dahulu supaya tidak mendapat risiko fatal. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan kecepatan minimal 80 - 90 Km per jam di lintasan tersebut sebaiknya gunakan mode kecepatan rendah dulu.

Kecepatan bagi pengemudi pemula dianjurkan antara 60 - 70 Km/jam dengan catatan tidak ada rambu lalu lintas yang menginstruksikan minimal kecepatan antara 80 - 100 Kilometer per jam. Hal tersebut diharapkan agar pengendara yang sedang menyetir tidak panik, gugup, dan terprovokasi pengguna jalan lain.

Lebih dari itu, jangankan bagi sopir kendaraan roda empat atau lebih yang belum pernah melewati jalan tol, nyatanya beberapa pengendara yang sudah terbiasa melintas jalan tol juga dapat berpotensi tersandung masalah. Baik itu berupa insiden kecil misalnya berupa harus mengerem mendadak, terkaget oleh sesuatu, hingga kerusakan pada bodi kendaraan.

Berikut ini 5 kejadian tak terduga di jalan tol yang membahayakan pengguna:

1. Hewan Ternak yang Beriringan di Jalan Tol

Binatang ternak yang pernah terekam video masuk ke jalan tol adalah sapi. Jumlahnya bukan satu ekor. Melainkan kawanan sapi yang berjalan beriringan hampir memenuhi seluruh salah satu sisi jalur tol. Sapi jinak yang berjalan pelan maupun berlarian, tentulah tetap berbahaya. Sebab, namanya jalan tol harus benar-benar bebas hambatan kecuali terjadi kecelakaan atau ada perbaikan oleh petugas.

2. Hewan Liar yang Menyeberangi dan Bermain-main pada Jalan Tol

Hewan liar yang beberapa kali muncul menyeberang jalan tol meliputi cerpelai (garangan), ular, burung, kelelawar, kera, anjing liar, kucing liar, dan lain-lain.

3. Kepulan Asap Menyelimuti Jalan

Daerah persawahan, terutama area tanaman padi, serta kawasan perkebunan cukup sering terjadi pembakaran lahan. Alhasil, kepulan asap terkadang menyelimuti sepanjang jalan tol yang jarak pandangnya menjadi sangat pendek selama beberapa detik melintas.

4. Pelemparan Batu

Lemparan batu biasanya dilakukan oleh anak kecil. Dilemparkan dari jembatan yang langsung ditujukan pada kendaraan yang ada di bawahnya. Parahnya, kejadian itu dilakukan saat malam hari sehingga sangat sulit bagi pengguna jalan tol untuk menyadari gelagat aneh orang yang ada di atasnya.

5. Teror Hantu oleh Orang Iseng dan Jahat

Aksi jahil orang iseng maupun orang yang sengaja ingin berbuat jahat dengan cara menakut-nakuti memakai modus teror hantu juga tak boleh diremehkan. Intinya, ketika merasakan suatu penglihatan ganjil maupun aroma aneh di jalan tol jangan langsung berpikiran negatif. Tetap fokus berkendara dan kuasai kendaraan secara penuh. Terus lajukan kendaraan tanpa mengurangi kecepatan. Abaikan rasa penasaran untuk mengetahui atau memastikan apa sih barusan.

[DolanKu/22/05/24]

Gerbang tol Pakis Kabupaten Malang (Foto diedit dari Bumntrack.co.id)






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "5 Peristiwa tidak Terduga di Jalan Tol yang Jarang Terjadi tetapi Membahayakan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di Dolanku.com