Terbaru · Info · Kebahagiaan · Destinasi · Penginapan · Berita · Opiniku · Wisataku · Kendaraan · Wisata Religi · Privacy Policy · Daftar isi · Tentang Kami ·

5 Alasan Pentingnya Diadakan Study Tour pada Setiap Sekolah di Indonesia

 Akhir-akhir ini kegiatan study tour yang diadakan oleh sekolah pada jenjang pendidikan dasar maupun menengah sedang menjadi perbincangan miring. Bukan cuma tentang membikin orang tua atau wali murid siswa tertekan lantaran umumnya berbiaya tinggi, melainkan pula terkait jaminan keamanan dan keselamatan para siswa. Di mana, kadang diperparah dengan guru pendamping tidak begitu perhatian pada anak didiknya.


Salah satu kasus yang cukup sering ditemukan ialah ulah pemalakan atau pemerasan oleh penjahat yang terorganisir. Baik itu terjadi saat di tengah perjalanan (di rumah makan, rest area, penginapan, pelabuhan, parkiran, dan lain-lain) maupun di lokasi wisata. Tentunya, peluang terjadinya kecelakaan di jalan raya ataupun insiden seperti terbentur dan terjatuh saat di tempat wisata bisa saja mengancam nyawa. Setidaknya, membuat trauma dan cidera ringan.


Nyatanya, segala "tantangan" di atas sebenarnya tidak hanya terjadi oleh peserta didik ketika sedang menempuh study tour. Akan tetapi, para pelancong yang sedang melakukan perjalanan jauh pun memiliki potensi untuk memperoleh dampak negatif seperti itu. Bahkan, ada sebuah dalih pembelaan bahwa hal semacam itu justru dapat melatih siswa untuk menghadapi kejamnya dunia di luar kota yang jauh dari tempat tinggalnya.


Berikut ini lima pentingnya study tour pada sekolah yang sangat bermanfaat:


1. Sebagai Ajang Promosi dan Pengenalan Sekolah

Tak jarang kegiatan study tour nyatanya disisipi atau diselipkan agenda study banding ke sekolah lain, perguruan tinggi, serta kunjungan siswa ke kantor dinas tertentu maupun perusahaan swasta. Nah, dengan menerapkan beberapa kegiatan tersebut dapat berpotensi menjadi ajang promosi dan pengenalan sekolah ke ranah publik. Setelah berfoto-foto, umumnya para siswa dan guru bakal memamerkan ke media sosial masing-masing.


2. Sebagai Kenang-kenangan dan Alat Membangun Kebersamaan setelah Lulus

Sesudah lulus sekolah tanpa diakhiri dengan perpisahan yang formal maupun non formal (semisal berwisata) tentu tak bakal berkesan. Malahan, barangkali kegiatan perpisahan formal dijadikan satu dengan acara study tour. Maksudnya, kegiatan perpisahan sekaligus "wisuda" diadakan pada gedung dan lokasi wisata tertentu tatkala study tour supaya semakin berkesan. Kelak setelah menjadi alumni ada kesan mendalam untuk diceritakan bersama saat reuni.


3. Sebagai Sarana Membalas Budi terhadap Guru

Sebagai manusia biasa, guru juga butuh liburan dan berwisata. Selain berekreasi secara gratis lantaran biaya sudah ditanggung oleh para siswa, nyatanya para pendidik tersebut juga mendapatkan uang saku. Bahkan, saat acara makan di rest area atau di rumah makan ruangan guru juga dispesialkan. Kamar penginapan juga dikhususkan. Para guru berada di ruang VIP yang ber-AC, menu hidangan istimewa, dan prasmanan.


4. Sebagai Media Pembelajaran di Luar Kelas

Media pembelajaran yang berbasis teknologi seperti LCD yang menayangkan video, foto, gambar, tulisan, atau semacamnya dirasa masih kurang optimal. Apalagi, di zaman digital sekarang ini sebenarnya para peserta didik sudah begitu mahir mencari informasi sendiri di media sosial seperti YouTube atau yang lainnya. Oleh sebab itu, dengan keluar kelas akan memberikan pengalaman berbeda lantaran langsung terjun di dunia nyata.


5. Menumbuhkan Inspirasi

Study tour semestinya menjadi kegiatan berwisata sambil belajar. Baik itu belajar secara mandiri maupun dalam naungan binaan para guru. Alhasil, sesudah tuntas berkarya wisata setiap siswa mendapatkan inspirasi. Sebut saja meliputi punya kesadaran tentang menjaga lingkungan, terbukanya wawasan, muncul keberanian untuk melakukan perjalanan jauh, membangkitkan minat untuk meningkatkan kemampuan diri di bidang tertentu, hingga sanggup beradaptasi (berdaya saing) di lingkungan baru.


[DolanKu/13/05/24]


Kegiatan siswa di luar kelas (sumber Pixabay.com/ jufriderwotubun)






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "5 Alasan Pentingnya Diadakan Study Tour pada Setiap Sekolah di Indonesia"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di Dolanku.com